Langsung ke konten utama

Menjadi Seorang Programmer Java yang Handal

Java adalah bahasa pemrograman yang sangat sukses dan terkenal. Bahasa Java sangat mudah digunakan dan dikembangkan secara luas dari masa ke masa, yang nyatanya dapat dilihat pada web dan aplikasi mobile. Ada banyak manfaat dari Java pada saat ini, para programmer Java pun juga banyak direkrut pada bidang kerja teknologi informasi tersebut. Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang programmer Java yang handal:

Pahami dasar dari pemrograman Java secara jelas
Cari atau temukan sumber belajar yang baik dan jadikan itu sebagai bahan belajar dan perkuat kemampuan dasar (fundamental) dari pemrograman Java. Pemahaman dasar dari pemrograman akan membantu menyusun keahlian pemrograman Java. Daripada tidak mempelajari sesuatu yang tidak kamu pahami, lebih baik minta bantuan dan pahami penyelesaiannya secara logis. Sabar, jangan berambisi untuk menyelesaikan segalanya secara cepat, lakukan secara perlahan dan kemudian mulai meningkatkan kecepatan belajar secara bertahap. Beberapa hal yang perlu dipelajari untuk dapat menjadi seorang programmer Java yang handal adalah sebagai berikut.

  • Java 8
  • Spring framework (Spring Boot)
  • Unit testing
  • APIs dan libraries
  • JVM internal
  • Perancangan pola
  • Perangkat pengembangan
  • Kotlin
  • Microservices
  • Pahami penggunaan dari IDE dengan lebih baik lagi.

Membaca berbagai sumber belajar seperti framerwork-framework source code dan lain sebagainya
Selalu ikuti perkembangan terkini tentang teknologi Java dengan bergabung melalui forum-forum atau sumber berita terbaru. Jangan pernah berhenti membaca. Selalu pantau berkembangan terbaru melalui berbagai sumber informasi. Hal ini akan membantu menjaga rasa ingin tahu terhadap program Java. Bisa juga dengan mempelajari berbagai spesifikasi seperti JSR, API dokumen, tutorial-tutorial, dan lain sebagainya. Membaca menciptakan gambaran atau fondasi dasar terhadap program-program yang ingin dikembangkan.

Berlatih Coding
Implementasikan apa yang telah dipelajari. Berdiskusi dalam sebuah grup membantu programmer menemukan sudut pandang baru terhadap topik yang sedang dipelajari.

Ikuti Beberapa Forum Terkait Teknologi Java
Ketika baru mulai mempelajari teknologi Java hal pertama yang baik untuk dilakukan adalah mengikuti forum atau sumber informasi terkait teknologi tersebut. Kendala apapun yang dihadapi programmer saat ini, seseorang kemungkinan besar telah menghadapinya dimasa lalu dan sekaligus telah menemukan solusinya.

Kerjakan Sebuah Project
Salah satu cara lain untuk meningkatkan kemampuan coding adalah dengan mengerjakan sebuah project. Coba temukan sebuah project pada forum online untuk dikerjakan. Kerjakan dan dapatkan bayaran dari hasil pekerjaan tersebut.

Dedikasikan Dirimu pada Bidang yang Ditekuni Saat Ini
Seseorang bisa menjadi programmer Java yang handal apabila memiliki dedikasi yang tinggi terhadap apa yang ditekuninya. Jangan hanya melakukan hal-hal yang bersifat umum tapi lakukan secara fokus dan konsentrasi penuh terhadap apa yang dilakukan terkait teknologi Java.

Terakhir, Tidak ada jaminan dengan mengikuti beberapa saran ini seseorang dapat menjadi programmer Java yang handal, hanya saja dengan terus berusaha, kemampuan seseorang akan terus meningkat seiring berjalan waktu.

Komentar

  1. Saat ini saya sedang mempelajari 2 materi java: yaitu pemrograman dasar java, dan struktur data dengan menggunakan Java.

    Keduanya saya pelajari dengan menggunakan Java SE.

    Saya sangat menyukainya dan juga sangat ingin menjadi seorang programmer Java yang hebat.

    Namun, saya menemukan bahwa masih banyak hal yang harus dipelajari dalam teknologi pengembangan perangakt lunak berbasis Java tersebut: Seperti framework Spring, Struts, JSP, JSF, GWT, Hibernate, Apache Tomcat, dan masih banyak lagi.

    Karena hal tersebut mungkin ada diantara mastah-mastah sekalian mungkin memiliki ide bagaimana cara supaya lebih bisa menyederhanakan proses belajar tersebut seperti belajar VB atau .NET?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, hampir sebagaian besar programmer memiliki kecerdasannya adalah hasil pembelajaran melalui perguruan tinggi, termasuk diri saya sendiri. Yang paling penting dalam proses belajar tersebut adalah kesabaran.

      Memang, beberapa ada yang mengatakan bahwa dalam proses mempelajari pemrograman, terdapat dua alternatif, yaitu cara yang efisien dan juga cara yang tidak efisien, tapi saya sendiri selama proses belajar tersebut tidak pernah menemukan yang namanya proses belajar efisien. Karena bagia saya, kegagalan adalah merupakan bagian dari proses belajar meskipun hal tersebut akan mengkonsumsi banyak waktu kita pada saat proses belajar. Beberapa tips yang mungkin dapat diterapkan supaya lebih mempermudah dalam proses belajar Java adalah:

      1. Jika terjebak pada satu buku tutorial, maka coba cari buku atau sumber referensi lain. Setelah selesai membaca dan memahami konsep dasarnya, maka sebenarnya kita dapat memahami bahwa sebenarnya tidak ada urutan yang benar-benar baku dalam proses mempelajari program komputer.

      2. Baca dokumentasi dari Library Java Standar. Tidak usah dihafal, cukup pastikan bahwa setiap tools yang dibaca tersebut telah dipahami fungsi dan ketersediannya.

      3. Buatlah banyak program menggunakan bahasa pemrograman java tersebut. Jika penasaran dengan suatu hal, coba lakukan praktik dan lihat hasil apa yang terjadi pada kode program tersebut.

      4. Baca contoh kode program lainnya. Perhatikanlah gaya dan struktur kode program yang telah dilihat tersebut.

      5. Berlatihlah membuat sebuah program rintisan, berdasarkan bentuk permasalahan nyata dan coba pahami hasilnya.

      6. Luangkan banyak waktu untuk memberikan penamaan pada class-class yang telah dibuat. Jangan gunakan nama yang mewah, atau berbau diskriminatip terhadap suatu suku atau yang berbagau SARA. Berlatih menentukan nama class program merupakan bentuk latihan penalaran yang baik untuk dapat membuat program yang terstruktur.

      7. Coba buat project-project dalam bentuk permasalahan matematis.

      8. Pelajari bahasa C atau C++, mungkin mempelajari bahasa tersebut tidaklah sepadan ketimbang mempelajari bahasa Java. Tapi, dengan memahami bahasa C dan C++, kita jadi dapat mempelajari dasar bagaimana sebuah program komputer dapat bekerja.

      9. Pelajari program Java tingkat lanjut setelah selesai mempelajari materi dasar.

      10. Selalu Up to Date.

      Hapus
    2. Jangan takut mengalami ERROR ketika belajar pemrograman.

      Hapus
  2. Menurut saya jauh lebih penting pada kegiatan praktik ketika belajar pemrograman, karena kita bisa langsung menemukan kendala dan dapat memahami lebih dapat tentang suatu materi.

    BalasHapus
  3. Ge udah kuliah disalah satu perguruan tinggi jurusan Informatika, ga pernah nemuin temen belajar pemrograman murni dari teori dulu, yang ada berbarengan antara praktik n teori.

    BalasHapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D