Artikel Terbaru

2 Jenis Utama Rasa Percaya dalam Soft Skills Bisnis dan Pekerjaan

Bayangkan jika seseorang menyebutkan kata pebisnis, jika mendengar kata tersebut, sebagian besar orang mungkin akan membayangkan seseorang dengan sebuah setelan jas yang rapi, yang selalu berangkat kerja pada pukul 7.00 hingga 8.00, atau mungkin juga tentang seseorang yang lain seperti agen periklanan yang menjual produk tertentu melalui YouTube, atau bisa juga seseorang yang terlihat sama seperti anda, atau mungkin juga tidak. Tapi, jika dipahami secara umum, pada dasarnya semua orang adalah pebisnis dalam setiap urusan bisnisnya masing-masing.

3 Contoh Program Penggunaan String pada Bahasa C

String didefinisikan sebagai array dari karakter, dimana perbedaan antara array karakter dan string adalah string diakhiri dengan karakter khusus '\0' seperti diperlihatkan gambar 1.

String Bahasa C
Gambar 1 String Bahasa C

Deklarasi dari string: deklarasi sebuah string sama sederhananya seperti pendeklarasian array satu dimensi. Berikut ini adalah sintak dasar untuk pendeklarasian string.

char str_name[size];

Pada sintak yang diberikan sebelumnya str_name adalah nama apapun yang diberikan ke variabel string dan ukuran digunakan untuk menentukan panjang string, yaitu jumlah karakter yang akan disimpan pada string. Perlu diingat bahwa, ada beberapa karakter penghentian tambahan yang merupakan bagian karakter Null ('\0') yang digunakan untuk menunjukkan penghentian string yang membedakan string dari array karakter normal.

Inisialisasi Sebuah String: sebuah string bisa diinisialisasi dengan berbagai cara berbeda. Berikut akan dijelaskan melalui bantuan contoh program string yang dengan nama str dan inisialisasinya.

char str[] = "MakanNasiPadang";
char str[50] = "MakanNasiPadang";
char str[] = {'M','a','k','a','n','N','a','s','i','P','a','d','a','n','g','\0'};
char str[15] = {'M','a','k','a','n','N','a','s','i','P','a','d','a','n','g','\0'}


Berikut ini adalah representasi memori string dari string "Geeks" yang diperlihatkan pada gambar 2.

Representasi Memori String Bahasa C
Gambar 2 Representasi Memori String Bahasa C

Berikut adalah contoh program yang digunakan untuk memahami pendeklarasian dan inisialisasi sebuah string pada bahasa C beserta cara mencetak hasilnya pada layar monitor.

// Program Bahasas C untuk

// mengilustrasikan string

#include<stdio.h>

 

int main()

{

// Deklarasi dan inisialisasi

// string

char str[] = "Makan";

 

// Mencetak string

printf("%s",str);

 

return 0;

}

Output:
Makan

Dapat diperhatikan bahwa program sebelumnya string dapat dicetak menggunakan statement printf normal seperti halnya mencetak variabel normal lainnya. Tidak seperti array yang harus mencetak string karakter per karakternya. Bahasa C tidak menyediakan tipe data in built untuk string, tetapi bahasa C memiliki akses specifier "%s" yang dapat digunakan secara langsung untuk mencetak dan membaca string.

Berikut adalah contoh program untuk membaca string dari user:

// Program Bahasa C untuk

// membaca string

#include<stdio.h>

 

int main()

{

// Deklarasi string

char str[50];

 

// Membaca string

scanf("%s",str);

 

// Mencetak string

printf("%s",str);

 

return 0;

}


Dapat diperhatikan pada program sebelumnya bahwa string dapat dibaca menggunakan statement scanf tunggal. Diketahui pula bahwa, tanda "&" digunakan untuk menyediakan alamat dari variabel untuk fungsi scanf() untuk menyimpan nilai yang dapat dibaca pada memori. Karena str[] adalah sebuah karakter dari array, sehingga str dapat digunakan tanpa tanda "[]" dan akan memberikan alamat dasar dari sebuah string. Hal inilah mengapa tidak digunakan tanda "&", karena telah disediakan alamat dasar dari string menuju ke scanf.

Melewatkan string ke fungsi: Diketahui bahwa string adalah kumpulan karakter dari array, sehingga string dapat dilewatkan ke fungsi dengan cara yang sama seperti melewatkan array ke fungsi. Perhatikan contoh program berikut ini:

// Program bahasa C untuk

// mengilustrasikan cara

// melewatkan string ke

// fungsi.

#include<stdio.h>

 

void printStr(char str[])

{printf("String adalah :"

" %s",str);}

 

int main()

{

// Deklarasi dan inisialisasi

// string.

char str[] = "MakanNasiPadang";

 

// Mencetak string dengan cara

// melewatkan string ke fungsi

// yang berbeda.

printStr(str);

 

return 0;

}

Output:
String adalah : MakanNasiPadang

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan string pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada bahasa pemrograman C, string merupakan urutan karakter yang diakhiri dengan karakter null atau '\0'. Contoh char c[]="c string";

      Ketika kompilator menemukan urutan karakter yang diapit oleh tanda kutip ganda, maka kompilator akan menambahkan karakter null pada akhir string secara default.

      Hapus
    2. String pada dasarnya adalah array karakter satu dimensi yang diakhiri dengan karakter null. Jadi, string yang diakhiri dengan null berisi karakter yang diikuti oleh null itu sendiri pada bahasa C.

      Hapus
  2. Bagaimana cara membaca string pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengguna dapat menggunakan fungsi scanf() untuk membaca string pada bahasa C. Fungsi scanf() digunakan untuk membaca urutan karakter sampai dengan menemukan karakter spasi.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Hot Artikel!!!

6 Contoh Program Method Overloading pada Java

Enkapsulasi pada Java

4 Tipe Utama Acces Modifier pada Java