Artikel Terbaru

8 Pertimbangan yang Harus Dilakukan untuk Memilih Wallet Bitcoin

Wallet Bitcoin adalah program yang digunakan untuk mengirim dan menerima data transaksi Bitcoin, menyimpan catatan Bitcoin, dan memantau saldo Bitcoin. Sama seperti ketika seseorang memerlukan program email yang digunakan untuk mengelola data email -nya, pada Bitcoin juga terdapat program sejenis yang dapat digunakan untuk mengelola data Bitcoin tersebut, berupa wallet interface pada setiap node blockchain Bitcoin. Wallet digunakan untuk memantau alamat Bitcoin pada blockchain dan juga dapat digunakan untuk memperbarui saldo Bitcoin pada setiap transaksi.

3 Fungsi Utama Tanda Koma pada Bahasa C dan C++

Pada bahasa C dan C++, tanda koma (,) dapat digunakan dalam dua kondisi yang diperlihatkan sebagai berikut beserta contoh programnya:
satu, Tanda koma digunakan sebagai operator:
Operator koma (direpresentasikan sebagai token ',') adalah operator binary yang mengevaluasi operand pertamanya dan mengabaikan hasil, setelah itu mengevaluasi operand kedua dan mengembalikan nilai (dan tipe). Operator koma memiliki precedence dari operator C apapun, dan bertindak sebagai titik urutan.

/* comma as an operator */
int i = (5, 10); /* 10 is assigned to i*/
int j = (f1(), f2()); /* f1() is called (evaluated) first followed by f2().
The returned value of f2() is assigned to j */

dua, Tanda koma sebagai pemisah:
Tanda koma berperan sebagai pemisah ketika dua fungsi dipanggil dan didefinisikan, fungsi seperti macros, deklarasi variabel, deklarasi enum, dan constructs sama.

/* comma as a separator */
int a = 1, b = 2;
void fun(x, y);

Fungsi koma sebagai pemisah seharusnya tidak membingungkan dengan penggunaannya sebagai operator. Contoh, pada statement berikut, f1() dan f2() dapat dipanggil pada perintah apapun.

/* Comma acts as a separator here and doesn't enforce any sequence.
Therefore, either f1() or f2() can be called first */
void fun(f1(), f2());

Perhatikan perbedaan pada bahasa C dan C++ dari penggunaan tanda koma sebagai operator. Kompilasi program berikut untuk memahami fungsi tanda koma pada bahasa C.

// PROGRAM 1

#include<stdio.h>

 

int main()

{

int x = 10;

int y = 15;

 

printf("%d", (x, y));

getchar();

 

return 0;

}


// PROGRAM 2

#include<stdio.h>

 

int main()

{

int x = 10;

int y = (x++, ++x);

printf("%d", y);

getchar();

 

return 0;

}


// PROGRAM 3

#include <stdio.h>

 

int main()

{

int x = 10, y;

 

// y = x++

y = (x++, printf("x = %d\n", x), ++x, printf("x = %d\n", x), x++);

 

// Ekspresi terakhir akan

// dievaluasi tetapi akan

// berdampak pada tidak

// diperbaruinya nilai Y

printf("y = %d\n", y);

printf("x = %d\n", x);

 

return 0;

}


tiga, Operator tanda koma sebagai pengganti semicolon (titik koma):

Pada bahasa C dan C++, setiap statement dimatikan dengan sebuah semicolon tetapi operator koma juga digunakan untuk mematikan statement setelah semua aturan diselesaikan.

  • Statement deklarasi variabel harus dimatikan dengan semicolon.
  • Statement setelah deklarasi statement dapat dimatikan dengan operator koma.
  • Statement akhir dari program harus dimatikan dengan semicolon.

Contoh:

#include<iostream>

using namespace std;

 

int main()

{

cout << "Baris pertama\n",

cout << "Baris kedua\n",

cout << "Baris ketiga\n",

cout << "Baris terakhir";

 

return 0;

}

Output:
Baris pertama
Baris kedua
Baris ketiga
Baris terakhir

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan operator koma atau tanda koma dalam bahasa pemrograman C dan C++?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bahasa pemrograman C dan C++, operator koda ",", adalah suatu operator biner yang digunakan untuk mengevaluasi operand pertamanya dan membuang nilai hasilnya, lalu melakukan evaluasi operand kedua dan mengembalikan nilai beserta tipe datanya. Terdapat titik urutan antara tiap titik evaluasi dari penggunaan operator koma tersebut.

      Hapus
  2. Operator koma (,) dalam bahasa C, berfungsi untuk mengevaluasi setiap nilai operannya (dari kiri ke kanan) dan mengembalikan nilai tersebut ke nilai operator terakhir. Operaor ini juga memungkinkan user untuk membuat ekspresi majemuk dimana beberapa ekspresi dapat dievaluasi seklaigus, dengan nilai akhir ekspresi majemuk tersebut akan menjadi nilai paling kanan dari ekspresi anggotanya.

    BalasHapus
  3. Apa fungsi operator koma pada looping dalam bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Operator koma adalah suatu titik urutan dalam suatu runtut operasi, sehingga urutan tersebut dievaluasi berdasarkan operan yang telah ditetapkan. Operator koma membuang nilai operan pertamanya, hal ini berguna jika operan pertamanya memiliki dampak terhadap suatu operasi, seperti pada penginisialisasian atau ekspresi perhitungan looping dalam bahasa pemrograman C.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java