Artikel Terbaru

4 Tahap Menciptakan Elemen Menggunakan Method createElement() DOM

Pada dokumen html, method document.createElement() adalah method yang digunakan untuk menciptakan elemen html. Elemen ini ditentukan menggunakan elementName yang diciptakan sebelumnya, atau dari elemen html yang tidak diketahui, yang diciptakan jika elementName tidak ditentukan atau tidak dikenali.

3 Kondisi Utama Penggunaan Tag Code pada Teks HTML

Tag code pada HTML digunakan untuk mendefinisikan potongan kode program pada komputer. Selama pembuatan halaman website terkadang ada kebutuhan untuk menampilkan kode program pada komputer atau pada halaman html, hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan tag <code>.

Tag code merupakan jenis teks tertentu yang mewakili output dari komputer. HTML menyediakan banyak method untuk pemformatan teks tetapi tag code ditampilkan dengan ukuran huruf, font, dan spasi yang bersifat tetap atau statis pada halaman html.

Beberapa hal yang perlu dipahami tengan penggunaan tag code pada html:
  1. Tag ini digunakan untuk menampilkan cuplikan kode program pada web browser.
  2. Tag ini menata elemennya agar sesuai dengan format teks default pada komputer.
  3. Web browser secara default menggunakan font familiy monospace untuk menampilkan konten elemen dari tag code.

Sintak:
<code> Konten... </code>

Contoh berikut mengilutrasikan penggunaan tag code pada dokumen html.

Contoh 1:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<body>

 

<pre>

<code>

#include<stdio.h>

int main() {

printf("Hello Bro");

}

</code>

</pre>

 

</body>

 

</html>

Output:
#include
int main() {
printf("Hello Bro");
}

Contoh 2:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<body>

 

<pre>

<code>

class GFG

{

// Program dimulai dengan pemanggilan main()

// Print "Hello, World" ke terminal window

public static void main(String args[])

{System.out.println("Hello, World");}

}

</code>

</pre>

 

</body>

 

</html>

Output:

class GFG
{
// Program dimulai dengan pemanggilan main()
// Print "Hello, World" ke terminal window
public static void main(String args[])
{System.out.println("Hello, World");}
}

Program yang ditulis dalam tag code memiliki beberapa ukuran font dan jenis yang berbeda dengan tag heading dasar dan tag paragraf.

Catatan: Tag <pre> juga sering digunakan untuk menampilkan cuplikan kode program karena selalu mempertahankan pemformatan tek nya secara demikian.

Komentar

  1. Apa fungsi tag code pata html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag < code > pada HTML digunakan untuk mendefinisikan potongan kode program atau bahasa pemrograman tertentu yang akan ditampilkan dalam dokumen HTML. Tag ini adalah jenis dari teks tertentu yang mewakili nilai keluaran atau output komputer. HTML menyediakan banyak metode untuk melakukan format teks tetapi dengan menggunakan tag < code > maka tampilan huruf akan ditampilkan dalam format ukuran, font, dan spasi yang bersifat tetap.

      Hapus
  2. Apa bentuk default dari format huruf pada tag code html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag < code > digunakan untuk mendefinisikan potongan kode program komputer. Konten yang terdapat dalam tag code akan ditampilkan dalam font monospace default pada browser.

      Hapus
  3. Apakah untuk menampilkan potongan kode program pada html harus menggunakan tag < code > tersebut>? apakah sifatnya wajib?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, ada bentuk atau format lain yang juga dapat digunakan untuk menampilkan format kode program pada halaman html, seperti yang admin gunakan saat ini, dengan format warna yang berbeda-beda bergantung potongan kode program apa yang ingin ditampilkan pada layar.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

3 Jenis Utama Looping pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java