Langsung ke konten utama

HTML Tag Frameset

Tag <frameset> digunakan untuk mendefinisikan frameset. Tag ini dapat mengandung satu atau lebih dari elemen frame yang digunakan untuk menentukan jumlah baris dan kolom pada frameset dengan ukuran pixel. Setiap elemen pada tag ini dapat menampung berbagai dokumen yang berbeda pada frame.

Catatan: Tag <frameset> sudah tidak didukung lagi penggunaannya pada HTML5.

Sintak:
<frameset cols = "pixels|%|*">

Atribut, diperlihatkan pada daftar berikut:
  • satu, cols: atribut cols digunakan untuk menciptakan frame vertikal pada web browser. Atribut ini pada dasarnya digunakan untuk mendefinisikan nilai atau ukuran dari kolom pada tag frameset.
  • dua, rows: atribut ini digunakan untuk menciptakan frame horizontal pada web browser. Atribut ini digunakan untuk mendefinisikan ukuran atau nilai dari baris pada tag frameset.
  • tiga, border: digunakan untuk mendefinisikan lebar dari border pada setiap frame dalam ukuran pixel. Nilai zero merupakan nilai yang digunakan untuk meniadakan border.
  • empat, frameborder: atribut ini berupakan bagian dari atribut frameset yang digunakan untuk menentukan apakah border tiga dimensi akan ditampilkan diantara frame atau tidak dengan menggunakan nilai 0 atau 1, dimana 0 mendefinisikan border kosong dan 1 mendefinsikan sebaliknya.
  • lima, framespacing: atribut ini digunakan untuk menentukan jumlah spasi antara frame dan frameset. Atribut ini mengambil nilai integer sebagai nilai parameter yang pada dasarnya merupakan nilai dalam satuan pixel.

Berikut adalah ilustrasi dari elemen frameset pada HTML:

Contoh 1:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<head>

<title>

Atribut frameset

</title>

</head>

 

<frameset 

rows = "20%, 60%, 20%">

 

<frame 

name = "top" 

src = "attr1.png" />

 

<frame 

name = "main" 

src = "gradient3.png" />

 

<frame 

name = "bottom" 

src = "col_last.png" />

 

<noframes>

<body>

Browser yang digunakan tidak

mendukung penggunaan frame.

</body>

</noframes>

 

</frameset>

 

</html>


Contoh yang ditampilkan sebelumnya digunakan untuk menciptakan frame horizontal: topmiddle, dan bottom menggunakan atribut row dari tag frameset, dan tag noframe yang digunakan untuk browser yang tidak mendukung penggunaan dari noframe.

Contoh 2:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<head>

<title>

Atribut frameset

</title>

</head>

 

<frameset 

cols = "30%, 40%, 30%">

 

<frame 

name = "top" 

src = "attr1.png" />

 

<frame 

name = "main" 

src = "gradient3.png" />

 

<frame 

name = "bottom" 

src = "col_last.png" />

 

<noframes>

<body>

Browser yang digunakan tidak 

mendukung penggunaan frame.

</body>

</noframes>

 

</frameset>

 

</html>


Contoh yang diperlihatkan sebelumnya pada dasarnya digunakan untuk menciptakan tiga frame vertikal: leftcenter, dan right dengan menggunakan atribut col dari tag frameset.

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan frameset pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag frameset pada html digunakan untuk mendefinisikan frameset. Elemen frameset berisi satu atau lebih elemen frame. Tag ini digunakan untuk menentukan jumlah baris dan kolom dalam frameset dengan ukuran pixelnya, dimana setiap elemen dapat menyimpan dokumen secara terpisah.

      Hapus
  2. Kenapa frame sudah jarang digunakan pada pengembangan web saat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada alasan yang jelas, namun pada dasarnya frame sama sekali sudah tidak kompatibel dengan browser yang tidak mendukungnya saat ini.

      Hapus
  3. Frame dapat digunakan untuk membuat navigasi situs menjadi lebih mudah. Jika link utama pada situs terletak dalam frame yang muncul pada bagian atas atau pada sepanjang tepi peramban, maka konten tautan tersebut dapat ditampilan pada sisa jendela peramban.

    BalasHapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D