Artikel Terbaru

Cara Membuat Hyperlink ke File dalam Satu Folder pada HTML

Pada latihan ini peserta didikan akan mempelajari bagaimana cara untuk membuat hyperlink ke file yang berada dalam satu folder dalam sebuah komputer lokal atau server lokal. Sebelum memulai, pada latihan sebelumnya para peserta didik telah mengerjakan latihan 3, latihan 5, dan latihan 7. Buka kembali ketika file tersebut kemudian simpan dalam satu buah folder yang sama dan beri nama folder tersebut "Folder hyperlink" seperti diperlihatkan pada gambar 1. Setelah ketiga file tersebut berada dalam 1 folder, kemudian buatlah file html baru dengan nama file latihan 12.html. 

Membuat hyperlink ke file dengan menggunakan tag anchor
Gambar 1 isi file dalam folder hyperlink

satu, Jalankan Notepad.
dua, Ketik baris kode program berikut ini.

<html>

 

<head>

<title>

Membuat hyperlink ke File

</title>

</head>

 

<body>

Ini hyperlink ke latihan3.html:

<a href="latihan 3.html">Buka latihan 3</a>

<br>

 

Ini hyperlink ke latihan5.html:

<a href="latihan 5.html">Buka latihan 5</a>

<br>

 

Ini hyperlink ke latihan7.html:

<a href="latihan 7.html">Buka latihan 7</a>

<br>

 

</body>

</html>


tiga, Simpan dengan nama "latihan12.html".
empat, Jalankan file latihan12.html pada browser.
lima, Klik masing-masing hyperlink yang baru saja dibuat pada latihan12.html. Jika komputer telah terkoneksi dengan internet, maka (hyper)link yang diklik akan langsung menuju ke laman web yang terdapat pada hyperlink seperti terlihat pada gambar 1.

Komentar

  1. Balasan
    1. Modul HTML Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMAN 8 Semarang Edisi 1. 2020. Jawa Tengah.

      Hapus
  2. Hyperlink HTML adalah sebuah bentuk tautan yang mengarah pada laman web lainnya. Perancang web dapat mengklik link dan langsung melompoat ke laman dokumen lain yang telah dituju atau diarahkan sebelumnya. Jika user menggerakkan kursornya menuju ke arah hyperlink, pointer atau panah kursor akan berubah menjadi bentuk lain yang dapat mengindikasikan bahwa itu adalah hyperlink. Hyperlink tidak hanya berupa teks, namun juga bisa berupa gambar ataupun elemen HTML lainnya.

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara yang benar untuk membuat hyperlink pada laman html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk membuat hyperlink pada laman HTML, gunakan tag anchor atau '<' 'a' '>' dan '<' '/' 'a' '>', yang merupakan tag yang dapat digunakan untuk menentukan link. Tag Anchor menunjukkan dimana hyperlink dimulan dan tag Anchor end menunjukkan dimana anchor berakhir. Teks apapun yang terdapat antara kedua tanda tersebut dalam laman HTML akan berfungsi sebagai hyperlink.

      Hapus
  4. Apa tujuan dari penggunaan Hyperlink pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi hyperlink adalah untuk membuat pintasan yang menuju ke lokasi url web lain yang tersimpan pada server jaringan, intranet, ataupun internet. Saat user mengklik sebuah sel yang berisi hyperlink, maka user akan diarahkan menuju ke lokasi yang telah didaftarkan, atau dapat juga mengarahkan user untuk membuka tab baru sesuai alamat yang telah dituju.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Hot Artikel!!!

Enkapsulasi pada Java

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

6 Contoh Program Method Overloading pada Java