Artikel Terbaru

Cara Membuat Frame Bersarang pada HTML

Frame bersarang atau bingkai bersarang atau nested frame adalah sebuah frame yang pada laman website yang didalamnya terdapat frame lain, atau frame di dalam frame. Tidak ada batasan yang diberikan untuk membuat nested frame dalam sebuah website, hanya saja semakin banyak frame yang terdapat dalam sebuah website, maka waktu yang dibutuhkan oleh sebuah website untuk menampilkan sebuah halaman juga akan semakin bertambah lama. Pada materi ini peserta didik akan belajar bagaimana cara untuk menampilkan nested frame pada halaman website. Sebelum memulai proses belajar dan praktik peserta didik mempersiapkan alat-alat praktiknya terlebih dahulu mulai dari PC atau perangkat mobile yang didalamnya terdapat aplikasi Notepad yang dapat digunakan untuk membuat file html. Setelah proses persiapan selesai, peserta didik dapat memulai kegiatan praktiknya dengan mengikuti instruksi sebagai berikut:

satu, Jalankan Notepad.
dua, Ketik baris kode program berikut ini.

<html>

 

<head>

<title>

Membuat frame bersarang

</title>

</head>

 

<frameset rows="*,*,*">

 

<frame src="latihan26.html">

 

<frameset cols="*,*,*">

  <frame src="latihan26.html">

  <frame src="latihan26.html">

</frameset>

 

<frame src="latihan26.html">

 

</frameset>

 

</html>


tiga, Simpan dengan nama "latihan30.html".
empat, Jalankan file latihan30.html pada browser.

Komentar

  1. Balasan
    1. Modul HTML Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMAN 8 Semarang Edisi 1. 2020. Jawa Tengah.

      Hapus
  2. Frame HTMl digunakan untuk membagi jendela browser untuk menjadi beberapa bagian dimana setiap bagian dapat memuat dokumen html secara terpisah yang didalamnya juga bisa terdapat frame itu sendiri yang dikenal sebagai suatu frameset.

    BalasHapus
  3. Atribuat name digunakan untuk memberikan penamaan pada tag FRAME. Atribut NAME digunakan untuk memberikan referensi elemen pada JavaScript, juga bertindak sebagai target dari link.

    BalasHapus
  4. Tag FRAME adalah elemen HTML yang digunakan untuk menampilkan area tertentu pada dokumen HTML lain yang dapat ditampilkan. Frame harus digunakan dalam bentuk FRAMESET. penggunaan elemen FRAME tidak dianjurkan karena dapat memberikan kerugian tertentu seperti pada masalah kinerja web atau kurangnya aksesibilitas bagi pengguna dalam membaca layar.

    BalasHapus
  5. Berapa banyak frame yang dapat ditampilkan pada sebuah laman html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebanyak mungkin sesuai dengan kemauan dari perancang web.

      Namun, semakin banyak frame yang dimuat dalam suatu laman web, maka semakin banyak pula waktu loading yang dibutuhkan oleh sebuah laman untuk dapat menampilkan semua frame yang ditautkan ke laman tersebut.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Hot Artikel!!!

Enkapsulasi pada Java

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

6 Contoh Program Method Overloading pada Java