Artikel Terbaru

Cara Mengatur Scroll pada Frame HTML

Atribut scrolling adalah atribut yang digunakan untuk menentukan apakah frame tersebut akan diberi scrolbar atau tidak, pilihannya adalah yes, no, atau auto. Jika pilihan nilai scrolling adalah auto, maka scrollbar hanya dimunculkan jika dibutuhkan, dimana kondisi scrolbar akan muncul dibagian samping kanan atau bawah frame, jika lebar atau tinggi layar frame lebih kecil daripada website yang akan ditayangkan ke dalam frame. Jika plihan scrolling adalah yes, maka scrolbar akan selalu muncul meskipun ukuran website yang ditampilkan pada frame jauh lebih kecil dari ukuran frame itu sendiri. Jika pilihan nilai scrolling adalah no, maka frame tidak akan menampilkan scrolbar pada frame meskipun ukuran website yang akan ditampilkan pada frame jauh lebih besar dari frame itu sendiri. Secara default, jika frame html tidak menampilkan atribut scrolling, maka scrolbar yang terdapat  pada frame akan diatur dengan nilai auto. Pada materi ini peserta didik akan belajar bagaimana cara untuk mengatur scrolbar pada frame dengan menggunakan atribut scrolling. Sebelum memulai, peserta didik mempersiapkan alat-alat praktiknya terlebih dahulu mulai dari PC atau perangkat mobile yang didalamnya terdapat Notepad atau teks editor yang dapat digunakan untuk membuat file html. Setelah proses persiapan selesai, peserta didik dapat memulai kegiatan praktiknya dengan mengikuti instruksi berikut:

satu, Jalankan Notepad.
dua, Ketik baris kode program berikut ini.

<html>

 

<head>

<title>

Mengatur scrolling pada frame

</title>

 

</head>

 

<frameset cols="30%,30%,40%">

 

<!-- tanpa scrollbar -->

<frame src="latihan3.html" scrolling="no">

 

<!-- menggunakan scrollbar -->

<frame src="latihan3.html" scrolling="yes">

 

<!-- scrollbar otomatis -->

<frame src="latihan3.html" scrolling="auto">

 

</frameset>

</html>


tiga, Simpan dengan nama "latihan28.html".
empat, Jalankan file latihan28.html pada browser.

Komentar

  1. Balasan
    1. Modul HTML Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMAN 8 Semarang Edisi 1. 2020. Jawa Tengah.

      Hapus
  2. Atribut scroll pada frame html digunakan untuk menentukan apakah harus menggunakan scrol atau tidak pada frame yang digunakan. Secara default, schollbar akan muncul pada frame jika konten yang ditampilkan ukurannya lebih besari dari frame itu sendiri.

    BalasHapus
  3. Apa keuntungan dan kerugian menggunakan frame pada laman html yang dibuat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keuntungannya, perancang web dapat menampilkan laman web lain pada laman web sendiri tanpa harus membuat ulang laman html yang akan ditampilkan tersebut.

      Hapus
    2. Kerugiannya, jika laman html yang akan ditampilkan frame ternyata memiliki waktu loading yang lama maka dapat membebani situs atau halaman html yang terpadat frame yang mengarah kesitus tersebut.

      Dalam pengembangan situs atau web, penting bagi seorang perancang situs untuk mempertimbangkan kecepatan akses dari situs tersebut supaya pengunjung merasa nyaman untuk mengunjungi situs tersebut. Sebuah situs yang memiliki waktu loading yang terlalu lama akan membuat pengunjung tidak bisa bertahan lama, dan cenderung tidak mau datang lagi ke situs tersebut.

      Hapus
  4. Untuk setting scroll sebaiknya menggunakan atribut dengan nilai yes, no, atau auto?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya tergantung dari pemauan perancang situs itu sendiri, biasanya sebuah frame yang menampilkan situs dengan ukuran yang selalu lebih kecil dari frame, maka jauh lebih bijak jika value dari atribut scroll disetting dengan NO. Begitupun dengan kondisi lainnya, semua keputusan bersifat subjektif tergantung dari kemauan perancang situs masing-masing.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Hot Artikel!!!

Enkapsulasi pada Java

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

6 Contoh Program Method Overloading pada Java