this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

2 Ketentuan Utama Teknis Penelitian Tindakan Kelas

Terdapat beberapa aturan teknis lain seperti sistem penomoran, pemilihan tipe huruf, ukuran margin, dan ukuran spasi adalah hal lain yang juga harus diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah selain penggunaan pilihan kata dan ejaan yang tepat dalam aturan PUEBI.

Sistem Penomoran
Sekumpulan data atau informasi akan lebih mudah untuk dipahami isinya jika ditampilkan secara berurutan ke dalam nomor-nomor yang dibuat secara sistematis melalui sistem penomoran. Sebenarnya, penyampaian informasi yang disajikan secara deskripsi juga bisa digunakan untuk menyampaikan sekumpulan informasi atau data dalam suatu laporan, namun bentuk penyampaian tersebut hanya efektif jika digunakan untuk kumpulan informasi-informasi yang sifatnya sedikit atau pendek. Jika informasi atau data ilmiah yang ditampilkan sudah sangat banyak, maka sangat sulit untuk membaca dan memahami informasi yang terdapat dalam laporan tersebut. Oleh karena itu, digunakan sistem penomoran dalam pembuatan laporan karya ilmiah, supaya para pembaca yang membaca karya laporan tersebut dapat membaca dan memahami isi laporan tersebut secara lebih rinci dan tidak kehilangan suatu informasi berharga apapun didalamnya. 

Pemilihan Huruf, Margin, dan Spasi
Pemilihan jenis huruf, margin dan spasi juga turut memberikan kesan terhadap penulisan laporan ilmiah. Dengan jenis huruf yang tepat seperti 'Arial' dapat memberikan kesan serius dalam penulisan laporan ketimbang menggunakan jenis huruf lain seperti 'Comic Sans ms' yang lebih terlihat seperti tulisan pada komik. Tidak hanya itu ukuran margin dan spasi yang pas atau tidak kurang ataupun berlebihan penggunaannya akan membuat para pembaca merasa nyaman untuk membaca karya ilmiah yang telah dibuat tersebut.

Komentar

  1. PUEBI merupakan singkatan dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang diterbitkan berdasarkan Permendikbud no 50 tahun 2015 yang merupakan pengganti dari EYD atau Ejaan yang Disempurnakan yang berasal dari Permendikbud no 46 tahun 2009.

    BalasHapus
  2. Apa manfaat mempelajari PUEBI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan mempelajari PUEBI artinya turut menghargai dan menghormati Bahasa Indonesia, serta turut berperan dalam persatuan dan kesatuan bangsa. PUEBI juga menjadikan Bahasa Indonesia sebaga salah satu tertib ilmu yang harus digunakan oleh rakyat Indonesia dalam pedoman berbahasa.

      Hapus
  3. Apa yang melatarbelakangi perubahaan EYD menjadi PUEBI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut Drs Mustakim, M.Hum. Perubahan dari EYD ke PUEBI dilakukan karena banyak sekali kritikan dari masyarakat Indonesia terkait penggunaan EYD. (Okezone.com)

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

10 Aturan Utama Penggunaan Overriding pada Java

5 Cara Konversi Tipe Data pada Java

6 Aturan Penting Switch Statement pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java