this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

5 Definisi Kecerdasan

Terdapat banyak definisi kecerdasan menurut para pakar psikologi, namun secara umum definisi dari kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar, kemampuan untuk membawa pada proses berpikir tingkat tinggi khususnya berpikir abstrak, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan suatu situasi atau kondisi lingkungan yang baru. Variasi suatu kecerdasan tergantung dari sebaran data 'ditribusi normal' dalam suatu populasi.

Beberapa Definisi Kecerdasan Menurut Beberapa Pakar
David Weshler (1994),
menyatakan bahwa kecerdasan adalah suatu bentuk agregasi atau kapasitas global dari suatu individu untuk bertindak secara terarah, untuk berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif.

Binet (1905), menyatakan bahwa kecerdasan adalah kemampuan dari seorang individu untuk mengarahkan perilakunya menuju suatu tujuan.

Jean Piaget (1952), menyatakan bahwa kecerdasan adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Wagon, menyatakan bahwa kecerdasan adalah suatu kapasitas untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan kondisi yang relatif baru dan dinamis.

Spearman (1923), menyatakan bahwa kecerdasan adalah kapasitas dari suatu organisme untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk meningkatkan kompleksitas lingkungannya.

Komentar

  1. Jadi apa yang dimaksud dengan definisi kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar atau memahami atau menghadapi suatu situasi yang baru dengan mengembangkan suatu keterampilan baru. Biasanya dalam hal ini adalah kemampuan untuk menerapkan pengetahuan untuk memanipulasi lingkungan individu atau kemampuan berpikir abstrak yang diukur secara objektif melalui suatu tes tertentu.

    BalasHapus
  2. Seseorang dikatakan memiliki suatu kecerdasan apabila dapat menunjukkan suatu kemampuan untuk dengan mudah mempelajari atau memahami suatu kondisi baru atau sulit.

    BalasHapus
  3. Punya banyak uang adalah definisi cerdas menurutku, hahaha

    BalasHapus
  4. Apakah ada perbedaan antara pintar dan cerdas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi banyak orang, tidak ada perbedaan antara pintar dan cerdas, karena kedua kata tersebut sifatnya memang tidak dapat dipertukarkan. IQ yang dimiliki oleh seorang individu adalah bentuk ukuran dari kecerdasan individu itu sendiri, dan tidak berubah karena hal tersebut adalah ukuran dari suatu kemampuan belajar atau kemampuan menyerap informasi.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

10 Aturan Utama Penggunaan Overriding pada Java

5 Cara Konversi Tipe Data pada Java

6 Aturan Penting Switch Statement pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java