Artikel Terbaru

16 Cara Dapat Uang dari TikTok

TikTok merupakan platform media sosial tempat dimana para penggunanya dapat meng-upload video pendek dan membagikannya secara online. Siapapun dapat menjadi bagian dari TikTok, dan juga dapat menghasilkan uang dari platform tersebut. Pengguna TikTok hanya perlu membuat konten yang tepat, dengan banyak pengikut yang memberikan apresiasi terhadap konten yang telah dibuat tersebut, serta taktik pemarasan yang tepat.

Baru baru ini TikTok telah mendapatkan banyak sekali popularitas dan telah menjadi sumber penghasilan bagi banyak sekali influencer TikTok. Lebih dari 1,5 miliar orang diseluruh penjuru dunia telah menggunakan aplikasi TikTok tersebut pada perangkat ponsel pintar mereka, dan jumlah penggunanya pun setiap hari terus bertambah.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mendapatkan uang dari TikTok, mari pahami terlebih dahulu apa itu TikTok dan bagaimana cara kerja dari platform tersebut.

Cara Kerja TikTok
Algoritma TikTok diprogram untuk menilai video yang disukai oleh para pengunjungnya yang didapat dari data kunjungan masa lalu yang kemudian digunakan untuk menargetkan video yang akan ditampilkan dimasa depan atau saat seorang pengunjung membuka aplikasi tersebut. Ketika sebuah video di-upload ke dalam aplikasi TikTok, maka TikTok akan menunjukkan video tersebut kepada beberapa orang pengguna lain yang sesuai dengan algoritmanya.

Algoritma TikTok dirancang sedemikian rupa sehingga jika terjadi interaksi dengan pengguna maka dapat meningkatkan jumlah view dari video yang di-upload tersebut, dan akan menyebar ke orang lain sesuai dengan penilaian dari algoritma TikTok. Dengan algoritma yang dimiliki oleh TikTok tersebut, maka video yang di-upload dapat dibagikan secara lebih banyak pengguna lain dan akan mendapatkan like yang lebih banyak pula jika dibandingkan dengan akun media sosial lainnya karena jumlah pengguna dari aplikasi TikTok yang lebih dari satu miliar orang.

Meskipun TikTok sebagian besar merupakan media hiburan tempat penggunanya dapat mem-posting video berdurasi singkat, namun dengan langkah yang tepat, pengguna juga bisa menjadi seorang influencer dan dapat menghasilkan uang dari aplikasi TikTok tersebut, dimana sumber penghasilan utamanya didapat dari iklan dan sponsor.

Pengguna TikTok juga dapat memanfaatkan peluang dari tren yang sedang berkembang saat ini dan dapat menghasilkan uang dari TikTok dengan menjadi seorang influencer terkenal. Dalam artikel ini akan dibagikan beberapa tips handal bagaimana cara menghasilkan uang dari TikTok dan menjadi seoarang influencer yang kaya dari TikTok mulai dari tahap awal hingga tahap lanjutan.

Jadilah Unik
Ada banyak sekali kategori konten yang disediakan di TikTok. Jika pengguna TikTok ingin menarik perhatian para audiens, maka salah satu syarat wajib yang harus dilakukan oleh seorang pengguna TikTok adalah menjadi unik. Pilih niche untuk video yang dimiliki pengguna dengan ide yang tidak biasa dan belum pernah dilakukan oleh influencer lainnya di TikTok.

Namun, jika apa yang disajikan melalui TikTok tersebut bukanlah sesuatu yang unik, maka cukup lakukngan dengan cara yang lebih baik dari apa yang dilakukan oleh pengguna lain lakukan. Cobalah untuk mengikuti tren terbaru dari influencer lainnya untuk mengetahui apa yang sedang dicari oleh para audiens saat ini.

2020 bisa dikatakan adalah tahun kreativitas bagi para pengguna TikTok. Banyak sekali influencer dengan ide luar biasa membuat beberapa video yang unik dan kemudian menjadi sangat viral.

Ketahui Target Audiense
Pengguna TikTok harus dapat mengetahui para audiens yang mengunjungi akunnya dan dapat membuat video lain yang juga lebih mudah diingat oleh para pengunjungnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menonton video-video lain yang juga tersedia di TikTok, baik itu berupa tips atau jenis video hiburan lainnya.

Tanyakan pada diri pengguna, siapa yang akan menonton video yang akan dibuat tersebut?

Saat artikel ini dibuat pengguna TikTok diseluruh dunia telah mencapai 55,6% untuk pengguna pria dan 44,4% untuk pengguna wanita. Jika dilihat lebih jauh, maka dapat diketahui bahwa aplikasi TikTok lebih banyak digunakan oleh kalangan remaja yang didominasi oleh kelompok laki-laki. Fakta menarik lainnya adalah bahwa lebih banyak laki-laki yang berusia diatas 40 tahunan yang menggunakan aplikasi TikTok tersebut dibandingkan dengan usia 30 tahunan dan 50 tahunan. Dari sini secara perlahan mulai  dapat dipahami siapa yang menjadi target dalam pembuatan video TikTok tersebut. Bahkan jika dilakukan riset lebih dalam, maka dari rentang usia tersebut juga bisa diketahui hobi apa yang biasa mereka lakukan, atau video jenis apa yang membuat mereka sangat tertarik.

Ketahui Siapa Kompetitornya
Setelah berhasil mengenali siapa yang menjadi terget audiens dari video yang dibuat, ketahui pula siapa yang membuat konten dengan kualitas atau ide yang sama atau serupa.

Untuk dapat mengetahui siapa yang menjadi kompetitor dari sebuah konten, maka dapat dilakukan dengan cara melihat jenis konten-konten apa yang dibuat atau yang disukai pada akun kompetitor. Dari hasil pengamatan tersebut seorang pengguna dapat menjadikan hal tersebut sebagai suatu inpirasi atau ide yang dapat digunakan untuk membuat karya lain yang sejenis, namun dengan kualitas yang lebih baik.

Cobalah untuk mencari tahu bagian apa yang hilang atau kurang yang tidak disediakan oleh influencer lain yang dapat disediakan pada akun kita sendiri. Kerjakan bagian yang hilang tersebut dan kembangkan menjadi lebih baik lagi sehingga para pengunjung TikTok lebih tertarik untuk mengunjunginya.

Contoh, jika sebagian besar kompetitor hanya melakukan kegiatan lip-sync, maka anda dapat melakukan hal yang sama namun ditambah dengan gerak tari yang lebih inovatif beserta pemilihan audio yang lebih baik.

Selalu Konsisten
Cobalah untuk menjadi konsisten dengan konten-konten video yang dibuat di TikTok, serta waktu upload berkala yang disiplin. Jika belum bisa, cobalah untuk memperbaiki atau menyusun jadwal yang lebih tetap sehingga para pengunjung dapat mengetahui apa yang sedang mereka cari dan kapan waktu yang tepat untuk menemukannya.

Tidak ada acuan baku untuk melakukan hal tersebut, namun pengguna TikTok dapat memulainya dengan sistem Try and Error. Dengan cara tersebut seorang pengguna TikTok perlahan akan mulai memahami kapan para pengunjung akan mengunjungi akun anda, dan jenis video apa yang biasa mereka cari dari akun tersebut.

Mulailah dengan mem-posting atau meng-upload sesuatu tentang kehidupan sehari-hari dari pengguna, atau kegiatna hobi yang sering dilakukan, dan lain sebagainya. Lakukan hal tersebut secara rutin dan pada waktu yang konsisten, dimana hal ini akan membantu pengguna untuk lebih terhubung ke para audiencenya.

Buat Hashtags
Ditekankan sekali lagi, bahwa untuk menjadi seorang influencer TikTok hal yang harus dilakukan adalah menjadi 'unik'. Salah satu cara terbaik untuk menjadi unik adalah dengan membuat hashtag unik dari pengguna itu sendiri. Buatlah sebuah hashtag yang berbeda yang menjadi ciri khas dari akun pengguna tersebut yang membantu mengalirkan dan mengarahkan para pengunjung untuk menjadi bagian dari audiens akun tersebut.

Dengan menggunakan hashtag yang benar, maka hal tersebut dapat membantu dalam meningkatkan jumlah pengikut dan jangkauan yang lebih luas yang dapat diraih oleh akun tersebut.

Hashtag dapat membantu dalam meningkatkan keterliatan atau interaksi dengan audiens pada sebuah video TikTok. Ada banyak alat yang dapat digunakan untuk membuat hashtag yang dapat digunakan sebelum melakukan publikasi video TikTok.

Hashtag pada TikTok dapat memberikan makna tantangan, lelucon, video viral dan jenis lain apapun yang sedang tren. Berbeda dengan akun sosmed lain seperti Twitter yang menunjukkan tren secara global, pada TikTok hashtag hanya menunjukkan apa yang sedang tren pada aplikasi TikTok saja.

Libatkan Audiens
Jika ingin menghasilkan uang dari TikTok sebagai seorang influencer, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melibatkan para audiens yang menjadi pengikut influencer tersebut.

Libatkan para audiens secara teratur, lakukan interaksi, dan balas komentar yang mereka berikan pada video. Tayangkan dan berinteraksi dengan para pengikut ketika melakukan streaming video secara live.

Sesekali juga tanyakan tentang keinginan para audiens dan jenis video seperti apa yang ingin mereka lihat, dimana hal ini akan menunjukkan rasa peduli terhadap pendapat dan saran dari para audiens tersebut.

Orang-orang atau pengunjung TikTok sangat suka sekali berinteraksi dengan para influencer. Hal ini akan membantu seorang influencer untuk mendapatkan penerimaan dari para audiens dan membantu untuk mengembangkan ikatan yang lebih solid terhadap para audiens tersebut.

Promosikan Video
Hanya meng-upload video di TikTok saja tidak akan membantu dalam mendapatkan banyak pengunjung akun, seorang pengguna TikTok atau influencer TikTok juga harus bisa mempromosikan video yang terdapat pada akun mereka tersebut pada beberapa platform media sosial lainnya.

Lampirkan link profil TikTok pada blog dan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Juga, upload video yang ada di TikTok tersebut ke Youtube. Semakin banyak melakukan promosi video, maka semakin banyak pula pengikut yang akan diperoleh yang akan lebih mendekatkan diri terhadap tujuan menjadi seorang influencer TikTok terkenal.

Brand Endorsements
Seorang influencer terkenal TikTok dapat memperoleh penghasilan sekitar IDR 5.000.000 per bulan hanya dari kegiatan promosi merek dan keterlibatan dengan para pengikutnya. Semakin tinggi tingkat keterlibatan audiens target, maka akan semakin baik pula tingkat konversi untuk iklan dari para sponsor.

Tidak hanya itu, jika telah memiliki banyak sekali bahkan ribuah pengikut di TikTok, maka pengguna TikTok juga sudah dapat mempertimbangkan alternatif lain untuk mendapatkan uang dari TikTok. Pengguna TikTok dapat mulai melakukan pendekatan dengan menggunakan proposal kerja sama atau kolaborasi dengan berbagai sponsor terkenal.

Tingkatkan Follower dan Like
Menjadi seorang influencer TikTok terkenal, berarti menjadi seorang pengguna TikTok yang secara konsisten menghasilkan karya video yang di-upload secara konsisten. Untuk melakukan hal tersebut, lakukan beberapa hal berikut ini.

Lakukan duet, duet merupakan bagian penting dari TikTok. Dengan melakukan duet berarti menambahkan sesuatu yang baru ke video yang telah ada yang dimiliki oleh orang lain. Contoh, jika orang lain membuat sebuah video lucu tentang jatuh dari tangga, maka pengguna dapat melakukan video duet dengan cara memberikan komentar dari video jatuh tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buatlah sebuah hashtag pada TikTok yang menunjukkan tantangan yang sedang tren saat ini. Pengguna dapat mencoba tantangan yang sedang tren dan membuat video menggunakan hashtag tersebut. Untuk selalu dapat membuat konten yang segar setiap harinya, cobalah untuk melakukan tantangan harian yang akan membuat para audiens tetap terlibat pada akun pengguna TikTok tersebut.

Setelah berhasil melakukan beberapa tahapan tersebut, maka tahapan selanjutnya adalah mendapatkan penghasilan dari TikTok, sebagai berikut:

Tingkatkan Akun dan Jual
Cara paling sederhana untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah meningkatkan jumlah pengikut akun kemudian menjualnya ke orang lain. Hal ini sangat populer dilakukan di e-commerce atau ruang produk yang menawarkan berbagai jasa penjualan.

Donasi
Cara ini biasanya dilakukan dengan Live dan melakukan kegiatan pengumpulan donasi dari pemirsa yang mengikuti acara tersebut yang dikumpulkan melalui rekening atau platform tertentu.

Dengan berdonasi seorang pengguna bisa mendapatkan banyak dana dari berbagai pihak, dan juga dapat menggunakan data tersebut untuk memberikan suatu perubahan pada lingkungan melalui kegiatan sosial atau bantuan tertentu yang dilakukan hanya dengan menggunakan TikTok.

Mengelola Kampanye Influencer
Seorang pengguna TikTok dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk melakukan kegiatan promosi melalui bentuk kerja sama yang telah disepakati.

Biasanya seorang influencer yang telah menjalin kerja sama tersebut akan membuat sebuah video unik yang digunakan untuk mempromosikan atau pengkampanyekannya diakun TikTok pribadi dan dengan bentuk kesepatan yang telah disepakati sebelumnya.

Mulai dari membuat kontrak perjanjian, pengelola kerja sama antar pihak, memastikan semua persyaratan terpenuhi, dan berkoordinasi. Dimana semua kegiatan tersebut biayanya dapat dibebankan langsung kepada pengelola kampanye yang mengajak kerja sama.

Tiktok Ads Platform
Sama seperti iklan Facebook dan Instagram, pengguna juga dapat mendaftar untuk iklan TikTok ke platform iklan mereka masing-masing. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, maka pengguna TikTok dapat memanfaatkan akunnya untuk menjual suatu produk tertentu kepada para audiensnya.

Management services
Beberapa pembuat konten di TikTok juga memiliki jutaan pengikut dan terkadang ini terjadi dengan sangat cepat dan dalam waktu yang sangat singkat. Jika anda adalah seorang pengguna TikTok yang memiliki latar belakang produksi atau membuat narasi, maka hal tersebut juga dapat diterapkan dalam bentuk jasa layanan manajemen kepada para pembuat konten TikTok lainnya, dan tentunya dengan harga imbalan yang pantas.

Menjadi Konsultan
Berbeda dengan Manajemen Services yang lebih menawarkan ide, menjadi seorang konsultan artinya anda memiliki pengalaman lebih dalam dunia perTikTokan atau lebih dianggap sebagai TikTok Pro yang dapat dengan mudah mengerti bagaimana cara untuk membuat sebuah konten video yang dapat menghasilan tampilan yang signifikan dan dapat menerapkan hal tersebut juga kepada akun TikTok lainnya. Jika demikian, maka keahlian tersebut juga dapat diterapkan dalam bentuk layanan jasa.

Komentar

  1. TikTok sekarang mulai beda, klo dulu kebanyak video-video lucu, sekarang kebanyakan video ajang pamer harta.

    BalasHapus
  2. Karena TikTok, banyak orang tua sekarang memaksa anaknya untuk menjadi eksis dan lucu dilayar hape.

    BalasHapus
  3. Cuma perasaan ku, atau memang TikTOk sekaran lebih populer daripada IG?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari apa yang saya lihat, IG Stories memang hampir sama seperti video TikTok, namun akan langsung kedaluwarsa setelah 24 jam. Berbeda dengan TikTok, dimana konten videonya akan tetap ada.

      Disisi lain TikTok juga mirip seperti Youtube, yang dapat digunakan untuk mempublikasikan video hari ini, tetapi algoritmanya baru dapat mengindeks setelah beberapa bulan kemudian dan mulai mendorong video tersebut ke orang lain yang menykainya.

      Fakta bahwa video yang terdapat pada TikTok tidak akan pernah hilang kecuali dihapus adalah sebuah kekuatan yang dapat digunakan untuk mengarahkan ke banyak lalu lintas dan bola mata pengunjung setelah beberapa bulan kemudian.

      Alasan tersebut jugalah mengapa orang-orang dapat memiliki jutaan penayang di video TikTok meskipun dengan jumlah pengikut yang sangat sedikit.

      Hapus
  4. I love tiktok I want make money and name

    BalasHapus
  5. Bukan konten yang ori 100%, dan gunakan hashtag terbaik adalah resep mujarab untuk membuat video viral di TikTOk.

    BalasHapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Hot Artikel!!!

Enkapsulasi pada Java

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

6 Contoh Program Method Overloading pada Java