this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

Cara Mudah Menentukan Judul Penelitian Tindakan Kelas

Sebelum membuat proposal PTK langkah awal yang harus dilakukan adalah penentuan judul. Judul PTK adalah ide yang diangkat dari identifikasi permasalahan yang ada. Untuk lebih jelasnya mengenai judul dalam PTK, perhatikan gambar 1 mengenai skema proses menemukan judul dalam penulisan PTK.

Menentukan Judul Penelitian Tindakan Kelas
Gambar 1 Menentukan Judul Penelitian Tindakan Kelas

Komentar

  1. Bagaimana cara membuat judul penelitian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judul penelitian sama seperti sebuah merek produk. Judul meringkat isi penelitian ke dalam suatu kalimat sehingga pembaca dapat langsung mengetahui tentang apa yang sedang diteliti sambil membangkitkan rasa ingin tahun untuk membaca lebih dalam.

      Hapus
    2. Judul penelitian yang baik dalam bidang ilmu sosial umumnya harus memiliki ciri-ciri berikut ini:

      1. Realistik
      Sebagai seorang peneliti, kita perlu melihat apa yang sedang kita lakukan dari sudut pandang praktis dan mencatat fenomena apa saja yamg sedang terjadi baik itu secara nyata ataupun hanya bersifat imajenasi.

      2. Dapat diukur
      Apakah fenomena tersebut adalah sesuatu yang dapat terukur atau tidak. Penelitian ilmu sosial menggunakan sejumlah alat statistik yang digunakan untuk mengukur dan menguji fenomena tertentu. Tahap yang paling baik adalah memastikan apakah kita memahami parameter tersebut dengan jelas, guna mengukur variabel independen dan dependen tersebut secara langsung dari topik yang diteliti.

      3. Up to Date
      Topik penelitian yang baik harus dapat diterima dan menjadi bahan pengetahuan umum saat ini dan sifatnya tidak usang oleh waktu.

      4. Relevan
      Topik atau judul penelitian yang baik adalah yang sesuai dengan keseluruhan isi penelitian yang dilakukan. Spesialisasi ataupun keahlian peneliti juga tergambar jelas dalam topik tersebut.

      5. Repetitif
      Pentuk juga untuk mempertimbangkan dalam pemilihan topik, apakah topik yang dipilih sudah pernah atau belum pernah dipublikasikan sebelumnya, kecuali jika tujuan dari penelitian adalah melakukan tinjauan, meskipun demikian tetap perlu dilakukan sedikit perubahan terhadap penelitian dilakukan (tidak boleh sama).

      6. Penggunaan kata yang umum
      Hindari penggunaan kata-kata yang umum atau tidak menarik seperti "pengaruh", "faktor yang", "analisis", dan lain sebagainya karena kata tersebut sudah terlalu umum digunakan sehingga membuat judul menjadi tidak menarik untuk dibaca. Jadilah peneliti yang kreatif dalam merancang topik penelitian. Ingat bahwa judul atau topik adalah sebuah merek yang digunakan untuk mendefinisikan produk (penelitian) yang akan dipasarkan kepada para pembacan. Dan jangan meniru judul penelitian orang lain!!!

      7. Kausalitas dan tujuan
      Sangat penting untuk menunjukkan hubungan sebab akibat dalam kegiatan penelitian serta fokus tujuan yang akan dicapai secara langsung.

      8. Batasi jumlah kata yang digunakan
      Semakin pendek suatu topik, maka semakin tepat dan jelas pula subjek yang akan dibahas dalam kegiatan penelitian.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan judul penelitian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judul penelitian adalah kalimat yang merangkup gagasan utama dalam kegiatan penelitian. Judul yang baik adalah judul yang berisi kata sedikit mungkin dalam kalimat yang diperlukan untuk mendeskripsikan dan/atau tujuan makalah penelitian.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

10 Aturan Utama Penggunaan Overriding pada Java

5 Cara Konversi Tipe Data pada Java

6 Aturan Penting Switch Statement pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java