this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

Fakta Tahapan Refleksi Penelitian Tindakan Kelas

Tahap refleksi PTK adalah kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang telah dilakukan. Refleksi juga sering disebut dengan istilah 'memantul'. Dalam hal ini, peneliti seolah memantulkan pengalamannya kesebuah cermin, sehingga tampak jelas penglihatannya, baik kelemahan atau kelebihannya.
Jika kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan seorang diri atau individu (guru), maka kegiatan refleksi yang dilakukan lebih tepatnya disebut sebagai proses evaluasi diri. Evaluasi diri adalah kegiatan untuk melakukan instrospkesi terhadap diri sendiri. Guru harus dapat jujur (objektif) terhadap dirinya sendiri prihal pengakuan atas kelebihan ataupun kelemahannya dalam proses penelitian. Dalam hal ini, guru atau peneliti juga harus mengakui sisi-sisi mana yang telah sesuai dan sisi mana yang masih belum sesuai atau harus diperbaiki.

Kegiatan refleksi diri atau juga evaluasi diri dapat dilaksanakan ketika proses tindakan telah selesai dilaksanakan (peneltian). Refleksi diri atau evaluasi diri akan lebih efektif jika peneliti melakukan secara langsung dalam hal diskusi atau pengamatan terhadap kolaborator atau pengamat. Namun demikian, Jika dalam prosesnya (PTK) dilakukan oleh individu (sendiri) secara mandiri, maka kegiatan reflesi yang paling efektif untuk dialkukan adalah dengan 'berdialog dengan diri sendiri' guna mengetahui sisi-sisi atau sudut pandang pembelajaran yang harus dipertahankan ataupun juga perlu dievaluasi.

Komentar

  1. Tahap refleksi PTK merupakan tahap yang membantu individu atau kelompok untuk merefleksikan pengalaman ataupun tindakan yang dilakukan individu atau kelompok yang terlibat dalam proses pembelajaran yang sifatnya berkelanjutan.

    BalasHapus
  2. Apa tujuan dari tahap refleksi PTK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan dari kegiatan refleksi adalah memberikan manfaat dalam peningkatan kesadaran diri, yang merupakan komponen kunci dari kecerdasan emosional, serta untuk pemahaman diri yang lebih baik terhadap orang lain. Kegiatan refleksi juga membantu dalam pengembangan keterampilan berpikir kreatif dan mendorong keterlibatan aktif dalam proses kerja.

      Hapus
  3. Kenapa tahap refleksi menjadi tahap atau bagian yang penting dalam kegiatan PTK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Refleksi membantu peneliti dalam mengembangkan suatu keterampilan, dan meninjau seberapa efektif proses PTK telah dilaksanakan. Refleksi merupakan suatu tahapan mempertanyakan (tentunya dengan cara yang positif), tentang apa yang telah dilakukan selama proses penelitian dan memutuskan apakah ada cara atau alternatif yang lebih baik, lebih efisien, dalam melakukan kegiatan tersebut dimasa depan.

      Hapus
  4. Apa manfaat tahap refleksi dalam PTK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Refleksi memberikan suatu proses pembelajaran. Tahap refleksi membantu menemukan relevansi serta makna dalam suatu proses pembelajaran dan membuat suatu hubungan antara pengalaman pendidikan dan situasi yang terjadi dikehidupan nyata. Hal ini mampu meningkatkan wawasan dari peneliti, dan menciptakan jalur menuju proses pembelajaran lebih baik dimasa depan.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

10 Aturan Utama Penggunaan Overriding pada Java

5 Cara Konversi Tipe Data pada Java

6 Aturan Penting Switch Statement pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java