this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

Kajian Teori dan Tinjauan Pustaka Penelitian Tindakan Kelas

Kajian Teori dan Tinjauan Pustaka dalam penelitian tindakan kelas merupakan bagian penting dalam menyusun metode penelitian. Dimana pada bagian kajian dan tinjauan akan dibahas berbagai materi penelitian terdahulu yang memiliki kaitan terhadap kegiatan Penelitian Tindakan Kelas yang akan dilakukan oleh peneliti melalui metode penelitian.

Kajian Teori
Dalam kajian teori, pengajar harus bisa mencari serta memberikan pemaparan berbagai macam teori yang mendukung ide dalam suatu penelitian Tindakan baik itu berupa konsep, pemaparan data, ataupun mengaitkannya dengan teori atau konsep keilmuan yang lain, serta memberikan pemahaman akan manfaat dari mempelajari teori tersebut dalam kehidupan. Contoh, seorang guru menggunakan sebuah alat peraga untuk pembelajaran kimia untuk mempermudah peserta didik dalam memahami konsep kimia. Maka, sumber ajar yang dapat dijadikan referensi adalah buku yang berisi petunjuk peraga serta konsep-konsep kimia terkait materi yang diajarkan. Dengan menggunakan sumber ajar tersebut, peneliti bisa menemukan landasan kuat beserta argumentasi akurat untuk melakukan kegiatan penelitiannya. 

Kesalahan yang sering terjadi dalam kegiatan PTK biasanya pengajar hanya menyebutkan arti sebuah kata kunci saja tanpa memberikan penjelasan atau pemahaman lebih dalam terhadap materi yang sedang dijelaskan. Contoh, seorang peneliti yang melakukan penelitian terkait judul “Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X di SMA Yogyakarta”, dalam kegiatannya peneliti akan melakukan proses pendefinisian penggunaan alat peraga, proses peningkatan pemahaman materi, dan proses peningkatan pemahaman konsep menggunakan alat peraga tersebut terkait dengan materi yang diajarkan. Namun jika yang dijelaskan peneliti hanya sebatas definisi penggunaan, tanpa memberikan pemahaman lebih dalam terhadap pemahaman konsepnya, maka yang dilakukan oleh peneliti tersebut pada dasarnya hanya proses menjelaskan definisi saja bukan memberikan konsep pemahaman materi. 

Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka menurut yang dikemukakan oleh Fink (1998) adalah bentuk rancangan atau desain yang tersistematis, bersifat eksplisit, dan dapat direproduksi atau dibuat ulang untuk keperluan identifikasi, evaluasi, serta penafsiran tubuh 'dokumen rekaman' yang ada untuk keperluan penelitian atau pembuatan karya ilmiah. Tinjauan pustaka biasanya memiliki dua tujuan yaitu, pertama, tinjauan pustaka bertujuan untuk merangkum hasil penelitian yang sudah ada atau yang telah dilaksanakan dengan mengidentifikasi pola, tema, dan permasalahan pada dokumen penelitian sebelumnya. kedua, tinjauan pustaka membantu mengidentifikasi isi konseptual lapangan (Meredith, 1993) dan berkontribusi pada pengembangan teori yang akan dilakukan pada kegiatan penelitian (Harland, et al. 2006). Sangat tidak mungkin untuk mengkaji semua teori penelitian yang telah dilakukan sebelumnya karena ada banyak sekali tinjauan pustaka yang harus ditinjau, oleh karena itu perlu dilakukan spesifikasi atau penyempitan ranah permasalahan yang akan dikaji dalam kegiatan penelitian yang dilakukan peneliti guna memberikan tinjauan atau ulasan yang akurat terhadap rumusan masalah penelitiaan pada kegiatan penelitian tindakan kelas atau bentuk penelitian lainnya.

Komentar

  1. Balasan
    1. Fink A. (1998). Conducting research literature reviews: from paper to the internet. Thousand Oaks: Sage.

      Hapus
    2. Meredith J. (1993). Theory building through conceptual methods. International Journal of Operations & Production Management. 13 (5) : 3–11.

      Hapus
    3. Harland CM, Lamming RC, Walker H, Philips WE, Caldwell ND, Johnson TE, et al. (2006). Supply management: is it a discipline?. International Journal of Operations & Production Management. 26 (7) : 730–53.

      Hapus
  2. Tinjauan pustaka membantu peneliti dalam menetapkan apa yang akan dilakukan pada suatu kegiatan penelitian, baik itu berupa kajian antarteori, kedalaman kajian, dan juga untuk mengembangkan hipotesis baru untuk diuji. Tinjauan terhadap pustaka dapat berfokus pada konsep teori spesifik atau keseluruhan teori atau kerangka kerja.

    BalasHapus
  3. Apa fungsi tinjauan pustaka dalam Penelitian Tindakan Kelas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam PTK tujuan dari tinjauan pustaka adalah untuk mengetahui apa yang orang lain telah temukan sebelum peneliti memulai kegiatan penelitian itu sendiri, guna memberi dasar terhadap kegiatan penelitian yang dilakukan dalam konteks tertentu tentang apa yang diketahui terhadap suatu objek untuk membangun dasar untuk topik yang sedang diteliti.

      Hapus
  4. Bagaimana cara menulis kerangka tinjauan pustaka yang baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Periksa judul dan masalah penelitian yang akan diteliti atau dikaji.
      2. Lakukan diskusi tentang apa yang dianggap sebagai variabel kunci dalam kegiatan penelitian yang akan dilakukan.
      3. Tinjau kembali literatur terkait untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang terdapat dalam penelitian.
      4. Buat daftar konstruksi dan variabel yang mungkin relevan dengan kegiatan penelitian yang dilakukan.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

10 Aturan Utama Penggunaan Overriding pada Java

5 Cara Konversi Tipe Data pada Java

6 Aturan Penting Switch Statement pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java