this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

Kriteria Penilaian Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Penilaian Tindakan kelas (PTK) sebagai karya ilmiah harus memenuhi kriteria KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang baik dan benar. Dalam Panduan Penysunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), sebagaimana yang disebutkan oleh Surhardjono dalam Dierjen Dikti(2005). Dengan mencermati pedoman penulisan karya ilmiah dari instansi masing-masing. Kiranya para guru dapat melakukan evaluasi dan koreksi terhadap laporan hasil penelitian yang dibuat apakah telah sesuai dengan pedoman atau belum.

Komentar

  1. Balasan
    1. Direktorat Jendral Pendidikan Tingi. 2005. Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan kelas (classroom Action Research) Tahun Anggaran 2006. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

      Hapus
  2. Secara umum ada berapa tahapan pembuatan penelitian tindakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sekitar 7 tahapan utama, yaitu:
      1. Pemilihan fokus penelitian.
      2. Klarifikasi teori.
      3. Identifikasi pertanyaan riset.
      4. Pengumpulan data.
      5. Analisis data.
      6. Melaporkn hasil penelitian.
      7. Mengambil tindakan.

      Hapus
  3. Apa keuntungan dari penelitian tindakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penelitian tindakan membantu tenaga pengajar untuk berfokus menyelesaikan satu aspek permasalahan dari kegiatan praktis yang ingin ditingkatkan.

      Hapus
    2. Penelitian tindakan membantu para guru untuk beralih dari metode pengajaran konvensional ke metode pengajra yang lebih modern dan efektif sehingga memberikan kepuasan belajar terhadap para peserta didik.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

10 Aturan Utama Penggunaan Overriding pada Java

5 Cara Konversi Tipe Data pada Java

6 Aturan Penting Switch Statement pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java