this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

Macam-macam statistik

Secara sempit dapat dihapami bahwa statistik adalah kumpulan data, namun jika dipahami lebih luas statistik juga memiliki pemahaman sebagai sebuah alat. Alat dalam hal ini adalah sebuah perangkat yang dapat digunakan sebagai analisis serta alat yang juga bisa digunakan sebagai pendukung sebuah keputusan. Statistik dibedakan menjadi dua macam yaitu, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial juga dibedakan menjadi dua, yaitu statistik parametris dan statistik non parametris. Statistik deskriptif merupakan statistik yang berperan dalam penggambaran atau

penulisan hasil penelitian secara sistematis, namun tidak dapat digunakan dalam pembuatan kesimpulan untuk cakupan yang luas. Penelitian yang tidak menggunakan sampel, analisisnya akan menggunakan statistik deksriptif. Demikian juga penelitian yang menggunakan sampel, tetapi peneliti tidak bermasud untuk membuat kesimpulan terhadap populasi dimana sampel tersebut diambil, sehingga statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif. Dalam hal ini teknik korelasi dan regresi juga dapat berperan sebagai statistik deksriptif.

Statistik inferensial merupakan statistik yang berguna untuk analisis data sampel, hasilnya berupa generalisasi terhadap populasi dimana sampel tersebut diambil dan diteliti. Statistik parametris digunakan untuk menganalisis data interval atau rasio, yang diambil dari populasi yang terdistribusi normal. Sedangkan statistik non parametris, digunakan untuk menganalisis data nominal dan ordinal dari populasi yang bebas terdistribusi. Jadi, data yang diolah tidak harus data normal. Teknik korelasi dan teknik regresi memiliki peran sebagai statistik inferensial. Berbagai macam tahapan yang memerlukan statistik dalam prosesnya diperlihatkan pada gambar 1 berikut ini.

Proses Penelitian dan Statistik yang Diperlukan
Gambar 1 Proses Penelitian dan Statistik yang Diperlukan

Komentar

  1. Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan pengembangan dan pembelajaran metode untuk pengumpulan, penganalisisan, penafsiran, dan penyajian data empiris. Setiap upaya pengukuran atau pengumpulan data tunduk terhadap sejumlah sumber data yang telah dikumpulkan.

    BalasHapus
  2. Sebutkan beberapa metode dalam statistika yang sangat penting dalam proses analisis data?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa metode yang berperan penting dalam proses analisis data adalah:
      1. Rata-rata nilai.
      2. Standar deviasi nilai.
      3. Persamaan Regresi.
      4. Penentuan Ukuran Sampel.
      5. Pengujian Hipotesis.

      Hapus
  3. Ada berapa tipe data yang dapat diukur dalam statistika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam statistika terdapat empat jenis tipe data yang dapat diukur, yaitu: data nominal, data ordinal, data interval, dan data rasio.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java