this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

Penjelasan Singkat, Tahap Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

Pelaksanaan adalah menerapkan apa yang telah direncanakan untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perlu diingat dan dipahami bahwa tindakan (melakukan PTK) haruslah sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya, namun juga harus terkesan 'alamiah' dan tidak direkayasa. Hal ini akan berpengaruh dalam proses refleksi pada tahap selanjutnya nanti (dalam PTK) dan agar hasilnya dapat disinkronkan dengan maksud semula.

Ketika menulis laporan PTK, peneliti tidak perlu menuliskan apa yang direncanakan sebagaimana pada tahap I (Tahapan Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas), tetapi langsung menuliskan apa yang dilaksanakan. ketidaklengkapan dalam menuliskan proses pelaksanaan dalam laporan PTK, dapat berakibat pada ditolaknya laporan hasil PTK oleh tim penilai.

Komentar

  1. Pelaksanaan PTK dalam lingkungan kelas memang memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kemampuan proses pembelajaran bagi para peserta didik jika dilaksanakan dengan baik. Dalam hal ini pihak-pihak yang terlibat secara sadar mengembangkan kemampuan untuk melakukan deteksi dan pemecahan masalah dalam dunia pendidikan dan pembelajaran melalui suatu langkah atau tindakan yang bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Manfaat dari pelaksanaan PTK adalah memberikan solusi atau pemecahan masalah ataupun juga memperbaiki situasi melalui proses pengamatan yang cermat guna mendapat hasil ukur implementasi terbaik. Dengan catatan bahwa kegiatan PTK tersebut dilaksanakan sesuai dengan kaidah penelitian tindakan atau action research.

    BalasHapus
  3. Secara umum ada berapasih tahapan implementasi PTK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum ada 6 tahapan:
      1. Identifikasi masalah
      2. Pengembangan strategi tindakan
      3. Melakukan pengumpulan data
      4. Analisis data dan kesimpulan
      5. Melakukan modifikasi teori dan proses perulangan
      6. Melaporkan hasil kegiatan (PTK)

      Hapus
  4. Apa saja tantangan yang sering menjadi kendala dalam pelaksanaan PTK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa kendala dalam pelaksanaan PTK biasanya adalah dukungan finansial untuk pelaksanaan kegiatan penelitian, beban mengajar terlalu berat atau terlalu banyak sehingga tidak memiliki waktu untuk mengembangkan penelitian, kurangnya keterampilan dan pengetahuan penelitian, kurangnya bahan dan sumber untuk kegiatan penelitian, dan bebera jenis kendala lainnya.

      Hapus
    2. Kurang berdoa kepada ALLAH,,

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java