this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

Peranan Statistik dalam Penelitian

Berikut adalah peranan statistik dalam kegiatan penelitian.

  • satu, Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi. Dengan hal tersebut maka jumlah sampel yang dikumpulkan untuk kegiatan penelitian dan telah dikumpulkan lebih mudah dipertanggungjawabkan nilainya.
  • dua, Alat uji validitas dan reliabilitas instrumen. Nilai validitas dan reliabilitas instrumen penelitian harus diuji terlebih dahulu sebelum digunakan pada kegiatan penelitian.
  • tiga, Penggunaan teknik penyajian data, dengan menggunakan teknik penyajian data yang baik, maka data yang dihasilkan dapat lebih mudah dipahami karena bentuk penyajiannya yang lebih komunikatif. Adapun teknik tersebut dapat menggunakan tabel, grafik, diagram, dan teknik penyajian data lainnya.
  • empat, Alat untuk analisis data seperti menguji hipotesis penelitian yang diajukan. Dalam hal ini statistik yang digunakan antara lain adalah statistik korelasi, statistik regresi, statistik t-test, statistik anova, dan lain sebagainya.

Komentar

  1. Pengetahuan statistik membantu peneliti dalam menggunakan metode yang tepat untuk proses pengumpulan data, penganalisisan data secara benar, dan penyajian hasil penelitian secara efektif. Statistik adalah proses penting dibalik cara seorang peneliti dalam melakukan penemuan dalam dunia ilmiah, serta membuat keputusan berdasarkan data, dan melakukan prediksi.

    BalasHapus
  2. Statistik mengajarkan kita untuk dapat menggunakan sampel terbatas dalam melakukan penarikan kesimpulan yang cerdas dan akurat tentang populasi yang lebih besar. Penggunaan tabel, grafik, dan diagram memainkan peran penting dalam penyajian data yang digunakan dalam proses penarikan kesimpulan dalam kegiatan penelitian.

    BalasHapus
  3. Apa yang dimaksud dengan riset statistik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Riset statistik atau penelitian statistik adalah proses pengembangan secara ketat dari motode statistik yang ditingkatkan atau baru berdasarkan pada probabilitas dan teori statistik.

      Hapus
  4. Sebutkan beberapa alasan mengapa menggunakan statistik dalam penelitian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa alasan untuk penggunakan statistik adalah untuk dapat melakukan penelitian secara efektif, untuk dapat membaca dan mengevaluasi arikel atau jurnal penelitian ilmiah, untuk lebih mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan analitik, untuk dapat bertindak sebagai konsumen atau pembaca yang berpengetahuan, dan untuk mengetahui kapan peneliti membutuhkan atau menyewa bantuan statistik dalam kegiatan penelitiannya.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java