this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

Bagian Penting Pembukaan pada Penelitian Tindakan Kelas

Bagian ini terdiri dari halaman judul, abstrak, dan halaman pengesahan. Halaman judul adalah halaman paling depan yang berisi judul penelitian dan diikuti nama peneliti serta instansi tempat peneliti bertugas. Abstrak merupakan kondensasi atau pemadatan (intisari) dari hasil penelitian. Pada Umumnya, abstrak terdiri dari tiga alinea yang berisi latar belakang masalah dan tujuan penelitian, metode atau prosedur penelitian, dan hasil penelitian.

Abstrak harus ditulis maksimal satu halaman dengan spasi tunggal. Tetapi, aturan ini tidak mutlak dan bisa menyesuaikan dengan ketentuan masing-masing lembaga peneliti. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh abstrak pada gambar 1 berikut.

Abstrak penelitian tindakan kelas
Gambar 1 abstrak penelitian tindakan kelas

Selain halaman judul dan abstrak, bagian awal laporan penelitian dokumen, seperti halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, daftar gambar dan tabel (jika ada), dan lain sebagainya. 

Komentar

  1. Mungkinkah menggunakan kalimat tanya sebagai judul dalam penelitian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut aturan bahasa indonesia bisa, tapi tidak disarankan.

      Tidak disarankan untuk menggunakan kalimat tanya sebagai judul karya ilmiah, karena judul merupakan hal pertama yang akan dibaca oleh para pembaca karya kita, dan karena tujuan melakukan penelitian adalah untuk menemukan jawaban, maka kalimat tanya yang terdapat dalam judul dapat membuat karya ilmiah kita menjadi tidak menarik bagi para pembaca.

      Hapus
  2. Apasih karakteristik dari judul karya ilmiah penelitian yang baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menunjukkan secara akurat subjek dan ruang lingkup riset atau penelitian.

      Hapus
    2. Jarang menggunakan singkatan atau akronim kecuali untuk beberapa singkatan yang sudah dikenal secara umum.

      Hapus
    3. Menggunakan kata-kata yang menimbulkan kesan positif dan merangsang minat para pembaca untuk membaca lebih dalam karya tersebut.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java

2 Jenis Utama Kegiatan Penelitian Berdasarkan Waktunya, Crosssectional Salah Satunya