Artikel Terbaru

Cara Mudah Menggunakan Atribut OnDradEnd pada Elemen HTML

Atribut event ondragend merupakan salah satu atribut pada html yang akan bekerja ketika user telah selesai melakukan drag pada elemen html. Fitur drag and drop merupakan fitur yang umum pada html5. Setiap elemen pada html dapat dilakukan drag dengan menggunakan atribut draggable pada html5.

4 Tipe Utama Teks Eksplanasi, beserta Struktur, Ciri, dan Contohnya

Teks eksplanasi merupakan teks bentuk proses yang disajikan secara sekuensial dari suatu fenomena atau kejadian. Teks eksplanasi merupakan bentuk teks yang memuat berbagai penjelasan yang dipaparkan sesuai dengan bidang ilmu yang bersifat ilmiah dan mengacu pada fakta, realita, teori, dan hasil penelitian tertentu. Terdapat empat tipe teks eksplanasi, yaitu: teks eksplanasi sekuensial, teks eksplanasi kausal, teks eksplanasi teoretis, dan teks eksplanasi faktorial.

  • Teks eksplanasi sekuensial merupakan teks eksplanasi yang memberikan penjelasan terhadap tahapan dari suatu fenomena tertentu.
  • Teks eksplanasi kasual merupakan teks eksplanasi yang memberikan penjelasan sebab dari suatu enomena yang terjadi.
  • Teks eksplanasi teoretis merupakan teks eksplanasi yang menjelaskan tentang suatu hal yang masih bersifat spekulasi terhadap suatu kejadian.
  • Teks eksplanasi faktorial merupakan teks eksplanasi yang menjelaskan tentang dampak atau efek dari suatu hasil proses.

Struktur Teks Eksplanasi
  • Pernyataan Umum; pada bagian ini berisi penjelasan tentang suatu gambaran umum dari fenomena atau peristiwa alam yang akan dibahas.
  • Urutan Sebab Akibat; pada bagian ini berisi penjelasan tentang sebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena yang dibahas pada bagian pernyataan umum sebelumnya.
  • Interpretasi; pada bagian ini berisi penjelasan tentang penarikan kesimpulan dari fenomena yang telah dibahas sebelumnya.

Ciri-ciri Kebahasaan
Ada beberapa ciri kebahasaan dari teks eksplanasi yang dijelaskan sebagai berikut:
  • Teks eksplanasi merupakan teks yang fokus pada hal yang berisfat umum atau general, dan bukan berfokus pada individu atau manusia. Contoh: peristiwa tsunami, peristiwa banjir, peristiwa gempa bumi, peristiwa hujan, peristiwa badai, dan lain sebagainya.
  • Teks eksplanasi merupakan teks yang menggunakan istilah ilmiah pada penulisan teksnya. Contoh: raja singa pada teks kesehatan, wibu pada teks budaya jepang, betina pada teks biologi, dan lain sebagainya.
  • Teks eksplanasi merupakan teks yang banyak menggunakan verba material dan verba relasional atau kata kerja aktif. Contoh: mengelus, meraba, menghisab, menggerayangi, membuka, meniduri, melarikan diri, bersetubuh, bersenggama, dan lain sebagainya.
  • Teks eksplanasi merupakan teks yang banyak menggunakan konjungsi kronologis (waktu) dan konjungsi kausalitas. Contoh: sehingga, sebelum, pertama, jika, bila, dan lain sebagainya.
  • Teks eksplanasi merupakan bentuk teks yang menggunakan kalimat pasif dengan tujuan untuk tidak membuat suatu justifikasi terhadap sesuai yang diterangkan secara kausal dan bersifat benar apa adanya.

Contoh Teks Eksplanasi
Pemanasan Global merupakan salah satu fenomena yang sedang dihadapi oleh umat manusia saat ini yang memiliki dampak besar terhadap kelangsungan peradaban umat manusia, beserta lingkungan hidupnya seperti hewan dan tumbuhan.

Proses pemanasan global dimulai ketika cahaya radiasi matahari menyinari permukaan bumi, dimana sebagian besar dari panas tersebut akan diserap oleh bumi, dan sisanya akan dipantulkan kembali ke udara bebas atau atmosfer. Namun karena jumlah industri yang menghasilkan gas polusi sudah sangat banyak menyelubungi permukaan bumi, maka cahaya matahari yang semestinya terpantul kembali ke udara bebas atmostif malah terperangkap oleh gas-gas polusi tersebut, seperti gas carbon dioksida, sulfur dioksida, metan, uap air, dan beberapa bentuk gas lainnya, sehingga cahaya yang semestinya sudah dibebaskan kemudian dipantulkan kembali ke permukaan bumi yang mengakibatkan suhu panas rata-rata dipermukaan bumi menjadi meningkat yang menimbulkan efek rumah kaca.

Panas atau radiasi matahari yang terperangkap dipermukaan bumi tersebut kemudian membuat lapisan ozon yang melindungi makhluk hidup yang ada dipermukaan bumi menjadi semakin tipis sehingga cahaya matahari yang memiliki radiasi 'jahat' kemudian dapat langsung masuk ke permukaan bumi dan mengakibatkan kerusakan pada makhluk hidup yang ada dibumi beserta lingkungannya. Pristiwa terperangkapnya cahaya matari yang terjadi secara berulang tersebut juga dikenal dengan istilah global warming atau pemanasan Global.


Pada teks contoh yang diperlihatkan sebelumnya, pada paragraf awal diberikan penjelasan secara umum apa yang dimaksud dengan pemanasan global. Selanjutnya pada paragraf kedua dan ketika diberikan tentang penjelasan sebab akibat dari terjadinya pemanasan global, dan akhiri dengan kalimat interpretasi.

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses atau urutan kejadian dari suatu fenomena.

      Hapus
  2. Apa tujuan dari pembuatan teks eksplanasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teks eksplanasi merupakan teks yang dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana dan kenapa sesuatu dapat terjadi pada fenomena sehari-hari yang mengandung urutan proses suatu fenomena.

      Hapus
  3. Sebutkan tiga struktur umum dari teks eksplanasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiga struktur umum dari teks eksplanasi adalah judul, pernyataan umum, dan penjelasan.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

2 Jenis Utama Kegiatan Penelitian Berdasarkan Waktunya, Crosssectional Salah Satunya