Artikel Terbaru

Cara Mudah Menggunakan Atribut OnDradEnd pada Elemen HTML

Atribut event ondragend merupakan salah satu atribut pada html yang akan bekerja ketika user telah selesai melakukan drag pada elemen html. Fitur drag and drop merupakan fitur yang umum pada html5. Setiap elemen pada html dapat dilakukan drag dengan menggunakan atribut draggable pada html5.

5 Cara Efektif Menghilangkan Cegukan

Seorang Pria Bernama Charles Osborne mulai mengalami cegukan pada tahun 1922 setelah mengalami peristiwa kejatuhan babi. Osborne baru sembuh dari cegukannya setelah 68 tahun kemudian dan kini telah tercatat oleh Guinness World Record sebagai pemegang rekor dunia untuk durasi cegukan terlama. Sementara itu, seorang remaja asal Florida bernama Jennifer Mee juga memegang rekor untuk cegukan paling sering, yaitu sebanyak 50 kali per menit selama lebih dari empat minggu di tahun 2007.

Apa sesungguhnya penyebab cegukan?

Dokter menjelaskan bahwa cegukan adalah sebuah kondisi yang biasanya dipicu oleh rangsangan yang membuat otot perut mengalami peragangan, misalnya seperti menelan udara atau makan dan minum yang terlalu cepat. Sedangkan sebagian lainnya lagi adapula yang mengaitkan bahwa cegukan adalah bentuk luapan dari emosi hebat atau respons terhadap emosi itu sendiri, seperti: tertawa, menangis, cemas, dan gembira.

Perhatikan apa yang terjadi saat seseorang mengalami cegukan.

Semuanya berawal dari kondisi kejang atau kontraksi yang terjadi secara tiba-tiba pada bagian diafragma, suatu otot yang besar dan berbentuk kubah yang berada dibagian bawah paru-paru yang digunakan manusia untuk menghirup udara ketika bernapas. Proses tersebut kemudian diikuti dengan mengatupnya pita-pita suara secara tiba-tiba sehingga menyebabkan menutupnya rongga yang akan diapit oleh pita suara tersebut, atau yang disebut dengan glotis.

Gerakan diafragma tersebut kemudian menyebabkan masuknya udara secara tiba-tiba, karena terkatupnya pita suara yang mencegah udara memasuki bagian batang tenggorokan untuk mencapai paru-paru.

Hasilnya, berupa suara yang khas: "hik".

Sampai saat ini, fungsi cegukan belum diketahui secara pasti terhadap tubuh manusia. Cegukan dianggap tidak memiliki fungsi medis atau fisiologis ataupun terhadap manusia.

Mengapa seseorang menghirup udara tapi melarang udara tersebut untuk sampai masuk kebagian paru-paru? Jawabannya masih belum bisa diketahui secara pasti.

Struktur anatomi, atau mekanisme fisiologis, yang tak miliki peran atau tujuan yang jelas merupakan tantangan bagi para pakar biologi evolusioner untuk dapat mengungkapkan perannya bagi kehidupan. Apakah struktur tersebut memang memiliki fungsi tersembunyi bagi tubuh manusia atau tidak yang belum ditemukan oleh para pakar? Ataukah kondisi cegukan tersebut hanya merupakan bagian dari sisa perkembangan evolusioner manusia, yang memiliki fungsi tertentu di masa lalu tetapi tetap bertahan pada tubuh manusia sampai saat ini, yang hanya merupkana bagian dari peninggalan evolusi saja?

Ada pula yang berpendapat bahwa cegukan muncul jutaan tahun sebelum kemunculan spesies manusia itu sendir. Paru-paru yang merupakan bagian dari sistem organ pernapasan makhluk hidup diduga adalah sebuah struktur hasil evolusi yang memungkinkan ikan kuno, yang mayoritas hidup di air diam yang hangat dengan sedikit oksigen, berguna untuk dapat mengambil oksigen yang berlimpah

di atas permukaan air. Kemudian, saat penerus hewan tersebut mulai hidup di darat, spesies tersebut kemudian tidak lagi bernapas dengan insang, tetapi sudah mulai mengambil udara menggunakan paru-parunya. Hal ini mirip dengan perubahan cepat yang terjadi pada katak di masa kini, dimana ketika hewan tersebut berubah dari kecebong yang berinsang hingga menjadi katak dewasa yang berparu-paru.

Hipotesis yang dikemukakan tersebut juga menunjukkan bahwa cegukan adalah sisa-sisa dari hasil peralihan makhluk hidup yang dihidup di air dan kemudian berevolusi untuk dihidup di darat.

Inhalasi yang awalnya hanyalah proses yang digunakan untuk memasukkan air agar melewati insang, yang diikuti oleh proses penutupan mendadak dari glotis untuk mencegah air dapat memasuki bagian paru-paru. Hal ini didukung melalui sebuah bukti yang menunjukkan bahwa pola saraf yang menyebabkan cegukan hampir sama persis dengan pola saraf pengendali pernapasan pada hewan amfibi.

Bahasa cegukan dapat menyebabkan kematian bagi yang mengalaminya.

Kelompok ilmuwan lain juga yakin bahwa refleks yang terjadi pada saat cegukan juga bertahan dalam tubuh manusia karena memang memiliki manfaat penting bagi tubuh manusia itu sendiri. Mereka juga menegaskan bahwa cegukan hanya dialami oleh spesies mamalia saja dan tidak terjadi pada spesies lain seperti burung, kadal, kura-kura, atau hewan lain yang hanya menghirup udara.

Cegukan adalah sebuah proses yang muncul pada saat bayi jauh sebelum bayi tersebut lahir dan lebih sering dialami daripada orang dewasa. Penjelasan ini berkaitan dengan aktivitas unik dari spesies mamalia itu sendiri, yaitu proses menyusui. Mungkin saja mamalia mengadaptasi hal tersebut dari refleks cegukan yang kuno yang digunakan untuk menghilangkan udara dari perut sama seperti proses sendawa, dimana perluasan secara mendadak dari diafragma untuk mengangkat udara dari perut, yang diikuti oleh proses penutupan glotis yang akan mencegah susu masuk ke bagian paru-paru.

Terkadang, cegukan juga berlangsung secara terus-menerus dalam waktu yang sangat lama, untuk dapat mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa tips umum yang dilakukan untuk mengatasinya:
  • minum banyak air dingin,
  • menahan napas,
  • minum madu atau makan selai kacang,
  • bernapas ke dalam kantong kertas,
  • atau dikagetkan.

Sayangnya, dari beberapa cara tersebut, ilmuwan belum bisa memberikan bukti cara mana yang memberikan hasil terbaik dan terbukti secara ilmiah. Namun demikian, setidaknya diketahui salah satu dari cara tersebut mungkin saja dapat berhasil.

Komentar

  1. Untuk menghilangkan cegukan itu cara paling efektif adalah dengan merendam air hangat selama 30 menit.

    BalasHapus
  2. Klo di kampung saya, cegukan itu berarti berkah, katanya bakal dapat banyak rejeki.

    BalasHapus
  3. Menurut saya cara terakhir dengan dikagetkan itu kurang efektif, udah berapa kali cegukan menurut saya cara yang efektif itu adalah tidur.

    BalasHapus
  4. Cegukan adalah proses mencari jawaban ketika ujian secara diam-diam atau tanpa diketahui oleh pengawas ujian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya apa yang anda maksud cegukan disini adalah definisi dari hal yang lain.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

2 Jenis Utama Kegiatan Penelitian Berdasarkan Waktunya, Crosssectional Salah Satunya