Artikel Terbaru

Cara Mudah Menggunakan Atribut OnDradEnd pada Elemen HTML

Atribut event ondragend merupakan salah satu atribut pada html yang akan bekerja ketika user telah selesai melakukan drag pada elemen html. Fitur drag and drop merupakan fitur yang umum pada html5. Setiap elemen pada html dapat dilakukan drag dengan menggunakan atribut draggable pada html5.

Mitos? Asam Urat Penyakit Orang Kaya

Asam urat terdengar seperti kondisi yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh kemakmuran dan kekayaan berlebih yang dianggap sebagai sesuatu hal yang modis dan simbol dari kekayaan pada zaman dahulu. Meskipun saat ini sudah diketahui bahwa asam urat sebenarnya adalah kondisi disebabkan oleh diet kaya daging dan minuman keras yang kebanyakan menyerang kaum pria. Asam urat adalah kondisi rematik yang ditandai oleh Mayo Clinic sebagai serangan nyeri parah yang tiba-tiba, bengkak, kemerahan, dan nyeri pada persendian, seringkali terjadi di daerah sekitar pangkal jempol kaki. Tidak mengherankan jika seseorang yang terkena asam urat dapat menggambar dirinya sebagai sosok yang mengalami begitu banyak penderitaan.

Pada akhir abad ke-17, dokter Thomas Sydenham menulis bahwa asam urat sangat menyakitkan sehingga tidak dapat menahan beban pakaian atau guncangan ruangan dari seseorang yang berjalan cepat di dalamnya. Sangat menyakitkan, pada kenyataannya, seseorang tidak bisa mengenakan pakaian atau berada di ruangan dengan orang-orang yang mondar-mandir dengan cepat. Thomas menyamakan bahwa perasaan terkena asam urat adalah sama seperti ketika seseorang mengalami tulang yang terkilir, yang bukan merupakan kondisi yang menguntungkan bagi tulang itu sendiri.

Pada abad ke-19, Pendeta Sydney Smith menggambarkan serangan asam uratnya sama dengan berjalan di atas bola mata. Konon katanya penyakit asam urat adalah penyakit yang dianggap secara khusus hanya menyerang orang-orang kaya atau kaum bangsawan saja. Karena, sesuai dengan deskripsi paling awal dari Hippocrates sendiri, yang menyatakan bahwa asam urat dikaitkan dengan makanan yang mewah dan konsumsi alkohol berlebih, yang hanya mampu dilakukan oleh orang-orang kaya atau kaum bangsawan saja. Karena fakta ini, asam urat mulai mendapatkan reputasi sebagai penyakit raja-raja dan bahkan orang yang terkena penyakit asam urat pun dapat menjadi sedikit sombong karena kondisi tersebut, yang digambarkan sebagai sesuatu yang diinginkan oleh kaum-kaum bangsawan itu sendiri, karena dapat menjadi bukti atau simbol dari kekayaan yang jelas, jika saja hal tersebut tidak menyakitkan sama sekali.

Dalam sebuah komentar tahun 1900, yang disampaikan pada publikasi London Times, seorang penulis mengklaim, bahwa flu biasa adalah penyakit tentang nama baik seseorang, tetapi asam urat tampaknya adalah sesuatu hal lain yang dapat langsung meningkatkan status sosial seorang pasien, yang artinya bahwa seseorang yang menderita asam urat berarti orang tersebut termasuk orang yang berpengaruh pada masa tersebut.

Perawatan medis untuk asam urat pada masa tersebut sudah mulai menggunakan langkah-langkah medis yang logis. Mulai dari teknik akupunktur di Tiongkok kuno hingga mengkonsumsi crocus musim gugur dari Kekaisaran Bizantium. Tetapi salah satu jenis pengobatan yang paling aneh dari semuanya adalah berasal dari buku medis tahun 1518 dengan resep mengerikan digunakan untuk kesehatan yang lebih baik.

Contoh, Makan anak kucing kecil yang berbulu.

Dokter Lorenz Fries menggambarkan juga salah satu cara untuk mengobati asam urat adalah dengan mengonsumsi angsa panggang tua yang gemuk dan bahan-bahan dengan anak kucing cincang, lemak babi, dupa, lilin, dan bunga gandum hitam. Setelah seorang penderita memakan angsa yang diisi anak kucing ini, ambil ditetesi dengan lilin dari meja Thanksgiving turducken yang menyeramkan dan dioleskan pada bagian persendian yang sakit dan encok, seperti yang dilakukan dengan BenGay. Dan sudah pasti, ramuan-ramuan tersebut tidak menyembuhkan asam urat sama sekali. Namun, dari beberapa jenis ramuan, salah satu jenis yang paling mendekati dengan reset pengobatan yang dapat menyembuhkan asam urat adalah ramuan Bizantium, karena sampai sekarang colchicine masih digunakan untuk mengobati asam urat, yang terbuat dari crocus musim gugur dan bukan dari hewan peliharaan rumah yang menggemaskan.

Pada abad ke-16 hingga ke-18, banyak orang yang menganggap bahwa asam urat adalah sesuatu yang disebut sebagai afrodisiak.

Pada tahun 1588, penulis esai Michel de Montaigne menyatakan, ketika kaki seorang pria dalam keadaan lemah, maka bagian genitalnya akan menjadi lebih penuh, lebih bergizi, dan lebih bertenaga. Pada tahun 1693, seorang penulis Belanda, dengan gagasan yang sangat longgar tentang bagaimana tubuh manusia bekerja, mengatakan bahwa asam urat itu adalah sesuatu yang hebat karena memungkinkan pria untuk mengistirahatkan organ reproduksi mereka, karena semuanya sangat kesakitan sehingga tidak bisa berjalan dan harus berbaring saja ditempat tidur.

Deskripsi asam urat tertua berasal dari 400 SM oleh Hippocrates sendiri. Dia percaya bahwa asam urat adalah hasil dari dahak yang mengendap di persendian dan mengklaim kondisi lezat dan meresahkan ini tidak dapat disembuhkan sama sekali. Hippocrates menyatakan bahwa, orang yang terkena asam urat pada usia lanjut, memiliki tophi di persendiannya, yang telah menjalani kehidupan yang keras, dimana ususnya mengalami sembelit, yang menyebabkan kondisinya berada di luar kekuatan dari obat-obatan untuk dapat menyembuhkan kondisi tersebut. Hippocrates juga melanjutkan untuk memberikan penyakit asam urat tersebut sebuah julukan kecil yang lucu, yang mengistilahkan asam urat sebagai penyakit yang tidak dapat dilalui dan 'radang sendi orang kaya', karena ia juga memperhatikan bahwa korelasi diet yang memanjakan diri dari makanan dan anggur yang biasa dikonsumsi oleh orang kaya, ternyata banyak menyebabkan mereka terkena penyakit kaki sapi gemuk tersebut.

Selama berabad-abad, sifat yang paling mencolok dan dipahami secara luas yang berkaitan asam urat adalah kegemarannya muncul pada bagian kaki. Orang Yunani kuno menyebut asam urat sebagai podagra, atau perampas kaki, karena penyakit tersebut sering tumbuh di tempat favorit mereka dan menetap, serta mendapatkan kenyamanannya di bagian jempol kaki orang miskin atau, dalam banyak kasus jelas tidak begitu miskin. Pada abad ke-17, Thomas Sydenham memperhatikan hal ini juga, yang menggambarkan serangan asam urat dapat membuat pasien terbangun dengan rasa sakit yang biasanya menyerang jempol kaki, tetapi terkadang juga pada bagian lain seperti tumit, betis, atau pergelangan kaki.

Dokter pada zaman tersebut juga telah memiliki kecenderungan yang menyatakan bahwa asam urat cenderung muncul dibagian kaki karena ekstremitas pada bagian tersebut tidak sehangat bagian tubuh lainnya. Jempol kaki, khususnya, mengumpulkan penumpukan kristal urat yang merupakan sumber utama kekuatan asam urat dan makanan favoritnya karena paling sering digunakan. Pesta Teh Boston, adalah langkah besar pertama menuju Revolusi Amerika dan teh paling banyak yang pernah tumpah kelautan, dimana hal tersebut mungkin saja tidak akan pernah terjadi jika tidak disebabkan oleh asam urat. William Pitt the Elder, negarawan terkemuka Inggris menderita penyakit asam urat selama debat parlementer tentang Stamp Act pada tahun 1764. Setelah kondisinya menjadi lebih baik, Pitt kemudian mendorong untuk mencabut undang-undang tersebut, dengan mengatakan bahwa orang Amerika adalah anak laki-laki, bukan bajingan Inggris. Sebagai subjek, mereka berhak atas hak perwakilan bersama dan tidak dapat terikat untuk membayar pajak tanpa persetujuan mereka. Namun semburan asam urat lain menyebabkan Pitt melewatkan pertemuan parlemen lain di mana para anggota sepakat untuk mengenakan pajak tinggi pada teh yang diimpor ke koloni-koloni Amerika, yang menyebabkan orang-orang membuang teh mereka ke sungai di atas perahu-perahu mereka untuk memberikan peringatan kepada orang-orang orang-orang Inggris dimana mereka dapat menempel. Jika saja Pitt ada di sana untuk memperdebatkan kasusnya, Boston Tea Party mungkin tidak akan pernah menjadi catatan sejarah apapun.

Tokoh terkenal lain yang juga mengalami asam urat adalah Henry VIII, adalah seorang Raja pembunuh dan pemarah yang menyingkirkan beberapa istri yang dimilikinya dan terobsesi dengan kurangnya pewaris laki-laki. Namun, Raja Henry bukanlah satu-satunya penguasa yang menderita penyakit raja yang parah tersebut. Beberapa dekade sebelumnya, penguasa Florence Medici Piero di Cosimo juga merasakan perasaan begitu tersiksa karena asam urat yang dideritanya, sehingga dia dijuluki Piero the Gouty oleh masyarakat yang kurang sensitif daripada yang dirasakan saat ini. Benjamin Franklin juga menderita penderitaan yang sama seperti yang dirasakan oleh Henry dan Piero.

Pemimpin lain yang juga menjadi korban dari konsumsi daging dan anggur berlebih adalah Kaisar Charles V, yang kekaisarannya mencakup wilayah Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Charles adalah anak penderita asam urat, tapi tidak seperti anak penderita asam urat biasa, dia adalah salah satu contoh penderita asam urat yang telah berkontribusi mengubah jalannya sejarah. Karena pola makannya yang berlebih yang membuatnya menjadi gemuk dan kecintaannya pada bir dan anggur, termasuk cangkir minum empat tangan berukuran besar yang biasa digunakannya, sehingga hal tersebut kemudian membuat penyakit asam urat yang dideritanya menjadi begitu parah, bahkan selama bentrokan dengan Prancis sang raja hampir sama sekali tidak bisa memimpin pasukannya untuk berperang. Kemudian, setelah Prancis berhasil mengambil Metz pada tahun 1552, kaisar gemuk tersebut kemudian mulai menderita efek samping dari asam urat yang begitu brutal sehingga dia membatalkan upaya untuk merebut Mets kembali dari Prancis, dan memberi mereka kemenangan penting dan menghancurkan pasukan Kaisar. Charles pada dasarnya berkata, jangan salahkan saya, salahkan asam urat saya, sebuah kalimat yang diungkapkan sebelum raja tersebut turun tahta dan pensiun ke biara dimana tidak ada yang mengharapkan apa pun darinya dan dia bisa menikmati penderitaannya tanpa harus melakukan sesuatu apapun pada kerajaannya.

Mereka yang menderita kasus asam urat disarankan untuk tetap berdiri dan beristirahat. Tapi untuk sementara, adapula beberapa dokter datang dengan beberapa alternatif pengobatan lain pada masa tersebut, seperti alas kaki lucu yang digunakan untuk mengobati gejala asam urat. Selama berabad-abad, beberapa dokter ada yang menggunakan 'tinja asam urat' untuk meredakan peradangan, yang secara harfiah hanya tinja biasa yang digunakan untuk mengistirahatkan kaki dan bukan bangku ajaib yang dapat menyembuhkan asam urat itu sendiri. Tidak hanya itu, ada juga dokter akan membungkus kaki penderita asam urat dengan kain flanel dan mengatakan kepada pasien untuk menunggu serangan asam urat tersebut berlalu, yang sudah pasti bisa memakan waktu hingga dua minggu. Nasihat lain juga diberikan kepada orang tua pada tahun 90-an, ketika anak-anak mereka juga terbungkus kain flanel.

Pada awal abad ke-20, dokter membuang kain flanel yang biasa digunakan untuk meredakan rasa nyeri tersebut dan menggantinya dengan sebuah rancangan sepatu bot kaca, yang akan digunakan dokter untuk menerapkan panas guna mengobati gejala asam urat. Sementara panas mungkin memberikan kelegaan sementara, sayangnya hal tersebut juga membuat segalanya menjadi jauh lebih buruk. Panas dapat mengeluarkan asam urat dari tempatnya yang nyaman pada bagian persendian dan langsung menuju ke bagian ginjal, yang merupakan lingkungan yang kurang ramah untuk asam urat, karena organ tersebut akan mati dan pasien dapat binasa.

Asam urat disebabkan oleh hiperurisemia, atau kelebihan asam urat dalam darah. Pada wanita, hormon Estrogen memberikan perlindungan bagi wanita dari hiperurisemia, yang membuat mereka cenderung tidak terkena asam urat. Namun, seiring bertambahnya usia wanita dan mengalami menopause, produksi estrogen pada wanita juga mulai mengalami penurutan, sementara peluang mereka untuk asam urat akan terjadi sebaliknya. Para dokter juga menemukan bahwa penyakit asam urat juga sering terjadi pada keluarga yang salah satu anggota keluarganya juga terkena asam urat, yang menemukan bahwa hingga 80% dari penderita asam urat adalah berasal dari keluarga sesama penderita asam urat itu sendiri.

Asam Urat pertama kali dikenali sebagai bentuk radang sendi pada tahun 1848 oleh Alfred Baring Garrod, dimana kondisi ini secara terus-menerus tetap memengaruhi jutaan orang hingga hari ini. Faktanya, dokter melihat memang menemukan bahwa kasus asam urat cenderung mengalami peningkatan pada masyarakat. Ketika populasi masyarakat mulai menjadi lebih tua dan lebih berat, dengan makanan dan anggur yang begitu lezat dan olahraga yang jarang.

Komentar

  1. Ga kebayang betapa menderitanya orang jama dulu yang kena asam urat.

    BalasHapus
  2. Makanya gue selalu berusaha menghindari makan jeroan, katanya bisa bikin asam ruat.

    BalasHapus
  3. Klo di tempat saya, mitosnya klo mau sembuh dari asam urat harus makan daging babi dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di tempat saya, maka daging babi itu bukan untuk nyembuhin asam urat, tapi nyembuhin diabetes.

      Hapus
    2. Astagfirullah, bisa2nya cuma demi nyembuhin penyakit secara tradisional, malah hukum agama malah dilanggar.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

2 Jenis Utama Kegiatan Penelitian Berdasarkan Waktunya, Crosssectional Salah Satunya